Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Kamis, 12 Oktober 2017

Bersih Dusun Sukun Lor Kepanjen

Kabarkongo.com - Kakong Berbagi informasi dari Kodok Ngorek ( PKP2 ) Community. 






Hari ini, Kamis Kliwon malam Jumat Legi tanggal 12 Oktober 2017, (Bulan Asyura) Dusun Sukun Lor mengadakan kegiatan tradisi bersih dusun. Pelaksanaannya di halaman SDN Kepanjen 5 tanpa alas tikar.  Kegiatan bersih dusun ini diikuti oleh warga Sukun lor (Utara Jalan Raya ) RT.06, RT.08 sd RT 11.Warga Sukun Lor mulai yang tua bapak-bapak, ibu-ibu, pemuda-pemudi hingga anak-anak semua berkumpul dengan membawa encek-encek atau rege yang berisi berkat berupa nasi dengan uborampe lengkap. Sebagai ungkapan rasa syukur sarana kirim doa kepada leluhurnya. 
Makna bersih dusun ini sendiri adalah ungkapan rasa Syukur kepada Allah SWT. dan ungkapan terima kasih kepada yang babad alas istilahnya, yaitu Eyang Tunggul Wulung yang konon ceritanya adalah pengawal Eyang Jugo yang petilasannya ada di Gunung Kawi. Sedangkan petilasan (punden) Eyang Tunggul Wulung ini adalah berada di sebelah barat gang II belakang bakso Unyil.  
Adapun panitia bersih dusun Sukun Lor ini adalah Trah dari keluarga Wis Kompak (Eko , Gaguk , Heru/Ahay, Nanang ), pembawa acaranya adalah sespuh Wis Kompak yaitu Bapak Soekardi. Bagian ngujubno (Jawa) adalah Mbah Kamid tetua Sukun Lor dalam tradisi Jawa biasa  mengawal orang yang hajatan ( mantenan , sunatan ) dan pengalungan bayi yang baru lahir agar terhindar dari gangguan batara kala. Sedangkan yang bertindak sebagai penjulung doa adalah H. Mustofa. 
Semoga tradisi yang sudah dilaksanakan berpuluh-puluh tahun ini tetap lestari, dan bisa dijunjung tinggi dan dilanjutkan oleh generasi penerus. Karena tradisi ini adalah tradisi yang baik yang safaatnya juga kembali kepada masyarakat Sukun Lor sehingga dalam kehidupan bermasyarakat tetap rukun, saling  menghormati setiap warganya, diberikan kesehatan, rejeki yang barokah dan hidup cukup, tenang damai lahir dan batin. (BG)  
   

0 komentar: