Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Kamis, 21 September 2017

Gebyar Wisata Religi 1 Suro Gunung Kawi 2017

Kabarkongo.com - Kakong Berbagi informasi dari Kodok Ngorek ( PKP2 ) Community. :



Gambar mungkin berisi: 1 orang, keramaian dan luar ruangan
Wisata religi Suroan Gunung Kawi 2017 adalah merupakan salah satu tradisi wisata religi yang ada di Kabupaten Malang. Pelaksanaannya dilangsungkan tepat pada tanggal 1 Suro (=kalender Jawa) atau tepat 1 Muharam (= Kalender  Islam). 
Sejak pagi hari kawasan lapangan bawah dan parkiran sudah penuh sesak dengan ribuan pengunjung wisata suroan Gunung Kawi. Jalan-jalanpun juga demikian. Arus lalu lintas terlihat berbondong-bondong menuju area wisata Gunung Kawi. Baik yang melewati Ngajum maupun melewati Slorok Kecamatan Kromengan. 
Gebyar Wisata Religi 1 Suro tahun 2017 kali ini mendapat respon positif dari pemerintah pusat. Hadir membuka dan  menikmati sajian gebyar 1 Suro dengan berbagai macam kreasi adalah dari ajaran kementerian pusat  didampingi Muspida Kabupaten Malang.
Perayaan atau karnaval diawali di lapangan bawah parkiran, selanjutnya mengarah naik di jalan depan parkir dan panggung kehormatan. Tercatat 12 RW di lingkungan Wonosari Gunung Kawi yang ikut pawai/karnafal Suroan 2017. Masing-masing membawa sesaji berupa tumpeng yang diletakkan di atas jolen oleh masing-masing kelompok. Jolen-jolen pun dibuat dengan berbagai bentuk dan ukuran yang masing-masing kelompok tidak sama. Dari masing-masing jolen mempunyai arti atau makna tersendiri. Ada bentuk Hanoman, Ular Kobra, Banyak Putih, Capoeng , Kendedes dsb.
Dari sekian jolen yang ada juga nampak sebuah ogoh-ogoh besar yang menggambarkan nafsu angkara murka. Setelah dikirab dan dilaksanakan doa bersama agar masyarakat diberikan keberkahan dalam mengais rejeki , masyarakat yang rukun, makmur dan solidaritas antar warga. Selanjutnya ogoh-ogoh tersebut akan dibakar beramai-ramai sebagai simbul pengusir angkara murka dan dijauhkan dari mara bahaya yang bisa mengancam desa sekitar Gunung Kawi ini.
Ikut mendukung kelancaran kegiatan Suroan ini adalah personil dari Polres Malang, Kodim Kab Malang , Dishub, Koramil Wonosari, anggota Linmas Kec. Wonosari. Adapun anggota Rapi Kecamatan 06 yang mencakup Kec.Kromengan, Wonosari , Sumberpucung dan Kalipare berperan dalam membantu komunikasi panitia.
Secara umum tujuan gebyar wisata religi tahunan ini dilaksanakan adalah untuk menarik wisatawan ke Gunung Kawi yang dulu terkenal dengan tempat mencari pesugihan. Mempererat kegotongroyongan warga dan meningkatnya rasa Kebhineka tunggal ika an. Ini dah terlihat nyata dengan keikut sertaan peserta pawai dan penonton mulai dari bayek sampai dengan yang tuwek (=istilah Jawa) mendukung dan menikmati acara Gebyar 1 Suro Gunung Kawi 2017.(BG-13TZY) 
Foto terkait Suroan 2017 klik di sini

0 komentar: