Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Sabtu, 05 Agustus 2017

Laskar Nasi Bungkus Kepanjen Malang

Kabarkongo.com - Kakong Berbagi informasi dari Kodok Ngorek ( PKP2 ) Community. :




Tak banyak orang tahu kalau di Kepanjen Malang ini sudah ada komunitas giat sosial masyarakat yang menamakan Laskar Nasi Bungkus.  Laskar ini membagikan bungkusan nasi kepada Kaum Dhuafa, tukang becak, pemulung, tukang parkir, petugas kebersihan. Mereka adalah orang-orang yang berjuang menjaga kehormatannya dengan mencari nafkah yang halal dengan tidak hanya meminta-minta.
Berawal dari sebuah keluarga setelah menerima kajian Ustd. KH. Yusuf Mansyur yang bertema " Sodaqoh Rombongan, Salah satu cara yang cepat untuk membuka rejeki  seseorang adalah dengan sodaqoh Nasi di hari Jumat secara bersama-sama. Di samping itu, sudah menjadi kewajiban seseorang yang mendapat rejeki lebih untuk bersedekah kepada orang-orang yang berhak menerima".
Kegiatan bagi-bagi nasi bungkus ini diawali pada bulan Januari 2017, adalah keluarga dari Kartini suami Firman (Anggota Wis Kompak) yang berstatus pengajar di SMK Muh 1 Kepanjen.Saat itu keluarga ini mensodaqohkan hanya 10 bungkus setiap Jumat karena menyesuaikan dengan kemampuan keluarga. Saat pertama melaksanakan giat ini keluarga ini berpendapat agar sodaqoh yang dilaksanakan tak ada orang yang tahu, namun dengan berpikir lebih maju , penerus Laskar Nasi Bungkus berpikiran kenapa kegiatan yang baik bagi orang lain , kok disembunyikan . Mulailah Firman mengajak satu dua orang untuk bergabung dan lambat laun berkembang menjadi sekitar 15 orang teman sekerja Firman. Dari semula hanya bisa membagi 10 nasi bungkus, setelah donatur bertambah laskar ini mulai membagi 15 Nasi bungkus setiap Jumat pagi.  Dan mulai bulan Maret dengan tenaga pembagi cuma 2-3 orang, Memasuki bulan puasa kegiatan bagi-bagi nasi bungkus pada hari Jumat pagi dengan jumlah 50 bungkus nasi dialihkan membagikan  saat mendekati waktu berbuka puasa. 
Setelah lebaran Firman yang anggota Grup WA Wis Kompak berbagi cerita kepada penulis saat penulis menghubungi apa ikut donasi bedah rumah di Karya Bakti Wis Kompak? oelh Firman di jawab Ok ikut, tapi saya juga punya giat lain yang baik, namanya " Laskar Nasi Bungkus " wak BG.
Dari sinilah berkembang awal cerita Wis Kompak bergabung dalam giat Laskar Nasi Bungkus, Dua minggu ini baberapa anggota Wis Kompak bergabung ikut membantu membagikan Nasi Bungkus di jalan-jalan protokol Kepanjen sekaligus menampung donasi dari para donatur  yang ingin mensedekahkan rejekinya. 
Dari hasil pengumpulan donasi, Wis Kompak mengatur agar kegiatan ini berlanjut dan tidak putus, Wis Kompak menambahkan donasi untuk menambah bungkusan menjadi 75 bungkus setiap jumat. Kegiatan yang bagus dan dilandasi dengan niat yang ikhlas mendapat sambutan yang baik dari Warga Katolik Yos Sudarso Kepanjen (Yosuke) yang juga anggota Wis Kompak dengan ikut menitipkan 15 nasi bungkus untuk dibagikan oleh Laskar Nasi Bungkus untuk setiap Jumat pagi.
Meski namanya Laskar Nasi Bungkus, namun kegiatan yang pernah dilaksanakan oleh laskar ini adalah santunan kepada anak yatim piatu di Panti Asuhan yang ada di Mojokerto.   Selain wilayah Kepanjen, Laskar Nasi ungkus sudah pernah merambah Kota Malang , yaitu kota Malang, Blimbing, dan  Kota Lama.
Jika Anda berkeinginan untuk donasi ke Laskar Nasi Bungkus Kepanjen, maka pengelola Laskar ini tidak akan menolak. Perlu diketahui pula bahwa semua Donasi yang masuk 100% digunakan sepenuhnya untuk pengadaan nasi bungkus, semua kebutuhan transportasi dan yang lain digratiskan. 

Donasi langsung bisa  tranfer lewat  
BRI Norek. 0344 0101 5435 531 an. Kartini 
Jika Donasi melalui grup WA Wis Kompak silahkan tranfer lewat 
BCA norek 1230 345 470 an. Dwi Purwahadi
Jika sudah tranfer silahkan konfirmasi agar tak terlewatkan.
Semoga niat baik dan keikhlasan Panjenengan semua menjadi catatan tambahan amal ibadah dan dengan harapan Laskar Nasi Bungkus Kepanjen tetap bisa bertahan dan bisa semakin bertambah jumlah nasi yang dibagikan. Amiin 

0 komentar: