Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Senin, 02 Juni 2014

Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan XIV

Kabarkongo.com - Kakong Berbagi informasi dari Kodok Ngorek ( PKP2 ) Community. : 


Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dijadwalkan membuka Pekan Nasional Kontak Tani Nelayan Andalan XIV yang diselenggarakan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, pada 7-12 Juni 2014.

"Persiapan pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA) sudah 100 persen. Kesiapan Kabupaten Malang sebagai tuan rumah juga sudah kami sampaikan ke provinsi," kata Bupati Malang Rendra Kresna, Senin.

Ia mengemukakan penyediaan sarana dan prasarana, lokasi pembukaan, tempat tinggal untuk peserta, tempat pelatihan, serta transportasi bagi peserta yang tinggal di rumah-rumah penduduk juga sudah disiapkan, termasuk lokasi utama Penas KTNA di kawasan Stadion Kanjuruhan.

Menurut Rendra, ada beberapa agenda yang bakal dilakukan peserta Pena KTNA tersebut, di antaranya pelatihan berbagai aspek yang menunjang kinerja petani dan nelayan. Lokasi pelatihan itu nantinya tidak jauh dari tempat tinggal peserta yang ada di rumah-rumah penduduk di sekitar kawasan Stadion Kanjuruhan.

Rendra memperkirakan jumlah peserta Penas KTNA 2014 sekitar 60 ribu orang dari seluruh wilayah Indonesia. Hanya saja, ke 60 ribu peserta tersebut bukan hanya sebagai peserta, tapi juga ada penyuluh, pendamping petani serta perwakilan daerah.

Oleh karena itu, tegas Rendra, even tersebut merupakan pertaruhan nama Kabupaten Malang, sehingga masyarakat, instansi pemerintah maupun swasta, dan seluruh pemangku jabatan ikut berperan aktif untuk mendukung dan menyukseskan penyelenggaraan even nasional tersebut.

"Kami juga berharap agar masyarakat, petani, nelayan maupun para pelaku usaha kecil mikro menengah (UMKM) memanfaatkan even tersebut untuk mendongkrak pertumbuhan perekonomian di Kabupaten Malang maupun saling bertukar pikiran, pengetahuan serta pengalaman," tegas Rendra.

Dalam perhelatan Penas KTNA tersebut, Pemkab Malang juga menyiapkan 41 lokasi magang pertanian dan perkebunan, 12 lokasi magang perikanan, 10 lokasi magang peternakan, 5 lokasi magang kehutanan serta 12 lokasi magang dari program Kementerian Pertanian.

Rangkaian pelakasanaan Penas KTNA 2014 tesrebut diawali dengan rapat koordinator teknis (rakornes) dan rembug nasional di Pendopo Kabupaten Malang pada Februari lalu yang dihadiri Menteri Pertanian Suswono.

Menteri Pertanian dalam Rakornis tersebut meminta panitia melakukan banyak koordinasi dengan instansi terkai termasuk protokol istana karena Penas KTNA ke-14 tersebut bakal dibuka Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan dihadiri sejumlah menteri, duta besar negara sahabat, gubernur maupun bupati dan wali kota.

Penas merupakan salah satu kegiatan penyuluhan yang bersifat akbar, ada kegiatan gelar teknologi yang bisa dilihat dan dipelajari. Di acara itu, petani akan banyak mendapat pelatihan, sehingga ada "oleh-oleh" yang bisa dikembangkan di daerah masing-masing.(*)

0 komentar: