Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Kamis, 22 Mei 2014

Sisi Lain Pelukis di Tonggak Semi 2014

Kabarkongo.com - Kakong Berbagi informasi dari Kodok Ngorek ( PKP2 ) Community. :




Siang yang panas tak menghalangi niatku untuk menikmati pameran Seni Rupa  dalam tajuk Tonggak Semi 2014. Pameran yang dilaksanakan di pendapa Kabupaten Malang sd 25 Mei 2014 terlihat sepi pengunjung. Terlihat Serka Sunarko personil koramil Keoanjen sedang berbincang-bincang dengan 2 pelukis Mas Ateng dan Mas Imam. Sayapun masuk dan mengisi buku tamu, setelah berbincang sebentar dan mengambil katalog pameran dengan mengganti Rp.5000. Saya dipersilahkan untuk melihat-lihat karya yang dipamerkan.  Saya pun meminta ijin untuk mengambil gambar-gambar yang di pamerkan.

Setelah puas menikmati karya dari 15 perupa profesional yang tergabung dalam Paguyupan Sanggar Seni Rupa " Warna" yang basecamenya di Curungrejo Kepanjen ini, saya menyapa seorang pelukis yang pernah saya kenal saat pameran di pendapa Diknas Kab. Malang lalu. "Mas Ateng ya?"  karena orangnya kecil dan mudah dikenali. Inisial pelukisnyapun menggunkana id  Ateng. Beliau mengingat-ingat, koq tahu nama saya ya?pernah ketemu dimana ya?  tanyanya kepada saya. " Sampeyan ini juga pelukis ya?" lanjutnya. "Bukan, Saya hanyalah pemerhati seni dan penikmat seni" jawab saya.  Itulah obrolan sekilas saya dengan Mas Ateng yang beralamat di Karangduren gang III Pakisaji ini. Menurut penilaian saya' " Mas Ateng ini, orangya ramah dan meng " uwongkan" orang. Banyak ilmu yang saya ambil dari beliau. Mulai dari bagaimana makna seni, kehidupan manusia, bahkan untuk apa kita hidup di dunia?. Setelah saya korek ternyata mas Ateng ini senang juga mengaji kepada para Kyai yang ada di Malang dan sekitarnya. 

Selain melukis, Mas Ateng punya pekerjaan sambilan sebagai tukang potong rambut di Malang. Menurut ceritanya, selain memotong juga bisa memijat kepala orang yang baru di potong.
" Main-main ke rumah ta mas... tak tunjukkan lukisan di rumah atau kalo mau belajar melukis atau apa saja" ajak Mas Ateng. Syukur-syukur kalo bisa kerja sama, ikut memasarkan lukisan dengan menampilkan lukisan web. Ya mas. lain waktu insyaallah saya sowan ke rumah.. terima kasih banyak atas kesempatan waktunya. dan oleh-oleh wejangan tentang ilmu kehidupan. Sukses terus berkarya ya mas Ateng.



0 komentar: