Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Kamis, 27 Februari 2014

Bedah SKL UN Matematika SMA - MGMP Kab Malang

Kabarkongo.com - Kakong Berbagi informasi dari Kodok Ngorek ( PKP2 ) Community. :


Kegiatan bedah SKL UN Matematika SMA yang sempat tertunda dua kali akibat erupsi Gunung Kelud akhirnya terlaksana Kamis, 27 Pebruari 2014. Kegiatan yang diprakarsai MGMP Matematika SMA Kab Malang bekerja sama dengan Penerbit Erlangga ini dilaksanakan di Aula SMA Negeri 1 Kepanjen.  Dihadiri lebih dari 100 peserta guru SMA Negeri / Swasta se Kab. Malang.



Acara dibuka oleh Bapak Maskuri Kepala SMA Negeri 1 Kepanjen  dilanjutkan sambutan dari Ketua MKKS SMA. Yang dalam sambutannya prihatin dengan hasil Try Out pertama yang rata-ratanya masih dibawah 3,00. artinya masih jauh dari batas limit 5,50. 

Selanjutnya acara dihandle secara penuh oleh pemateri / narasumber Bapak Sukino,M.Sc. Tim Ahli Penerbit Erlangga yang sudah menulis buku sejak menjadi mahasiswa Universitas Indonesia. Sebelum masuk ke materi inti , Sukino yang menyelesaikan S2nya di Tokyo University ini menawarkan kegiatan akan berlangsung berapa lama? Oleh peserta dijawab sampai selesai, Dan dijawab oleh Nara sumber, jika sampai selesai bisa-bisa  malam hari Dalam paparan awalnya Dosen Pasca Sarjana UI yang asli Jakarta ini Selanjutnya disepakati kegiatan dilaksanakan sampai pukul 12.00 WIB. 

Dalam pemaparannya, nara sumber lebih suka menggunakan papan whiteboard.agar bisa berkomunikasi langsung dengan audiens. Dan menjawab pertanyaan mengapa hasil TO masih dibawah standart, Sukino meminta soal yang dipergunakan untuk TO. Beliau mencoba menjawab materi soal dengan menggunakan cara cepat meskipun tidak harus menghapal rumus. Beberapa materi yang sempat dibahas dengan menggunakan trik cepat adalah materi integral, limit , suku banyak dan barisan.

Di menit-menit akhir acara, muncul beberapa pertanyaan dari peserta tentang materi Olimpiade. Dengan senang hati SUkino menjelaskan bagaimana cara memecahkan materi Olimpiade Matematika. Ternyata pada saat penulis berbincang-bincang santai saat usai acara. Beliau juga seorang pembina Olimpiade yang diantaranya beberapa murid bimbingannya adalah menjadi Tim Olimpiade Indonesia. 

Kesimpulan dari kegiatan ini adalah kegiatan dilaksanakan terlalu singkat, masih banyak guru yang baru tahu trik pengerjaan cepat dan ada keinginan peserta untuk melaksanakn hal serupa dengan materi khusus Olimpiade. Terima kasih kepada Bapak Sukino semoga oleh-olenya bisa meningkatkan hasil UN 2014 mapel Matematika tingkat SMA

0 komentar: