Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Sabtu, 22 Februari 2014

Beberapa Masalah Dan Keluh Kesah OPS Dapodik

Kabarkongo.com - Kakong Berbagi informasi dari Kodok Ngorek ( PKP2 ) Community. : 

Dapodik adalah Data Pokok Pendidikan untuk SD dan SMP. Dalam pengisian Dapodik ini banyak terjadi kendala baik teknis maupun non teknis. Para operator sekolah banyak yang berstatus honorer dan masih banyak KS yang tidak peduli dengan keberadaan Operator dalam menjalankan tugasnya. Inilah beberapa keluh kesah yang saya ambil dari grup-grup Dapodik di seluruh Indonesia yang telah diposting di FB. Harapan saya adalah jika ada pihak yang berkepentingan semoga menjadi perhatian. Dan mohon ijin untuk teman-teman OPS yang comentnya saya share di sini. Monggo disimak :

1. terkadang ada sebersit (sepintas) pikiran saya.... kalo dapodik ini ada udang d balik batu... iah nyari untung tros lahhhh.... maaf
2.ooooo dapodik,,,,,kenapa kau membuat diriku galau,,,makan tak enak....tidur tak nyenyak,,,,setiap hari harus mendengar keluhan para guru JJM dan rombel yang no to display dsb,,,sungguh berat tanggung jawab ini,,,
3.dapodik itu jngn d bqin pusingg santaii zz heheh rombelnya udah tampill... tp skaranga webnya dh gga bisa d akses lagii..
4.Gimana caranya Biar Cepat Sinkron??? Bosan Rasanya Asyik Sinkron tapi Selalu Keluar Server Dalam perbaikan dah ratusan kali tapi ngak da yg tembus sampai ke server, dari bangun tengah malam, subuh tetap kagak bisa sinkron, bosan ada solusi ngak ya....
5. NYELAKNO TANGI TENGAH WENGI, TE2P A GAGAL SINGKRON
6.biar sync nya berhasil silahkan sync pagi pagi, mumpung operator yang lain masih pada tidur kecapekan begadang..... he he he ..... semangat !!!
7.mohon maaf, ada kendala teknis maintenance di jaringan gedung IDC, sehingga untuk sementara waktu layanan dan sinkronisasi DAPODIKDAS belum dapat di lakukan. harap maklum. SALAM
8. Minta pencerahan .. Setelah download patch terbaru 2.06, kok PTK nya ilang semua yaa ..
9. syncron berhasil,,,,,,, tp knp dicek diprogres pengiriman tetep semester I Ya... awohhh..... ‪#‎nelongso‬
10. Survei.... Profesi apa yg membutuhkan kesabaran extra??? Ayoooo apa jawabanz.......
11.maaf,tampilan sinkronisasi kok cuma ada kata "SINKRONISASI SEMUA" itu bagaimana ya??karna itu saya tidak bisa sync smpai skrg,,
12.Saya sangat sakit hati ketika ada yg bilang OPS itu pada lebay, saya merasakan bahwa tugas OPS itu sangatlah berat, OPS jarang disanjung, yg ada Dimaki maki kalo datanya blum dikirim. Salam satu hati OPS SE INDONESIA 
13.mumet mikiri dapodik,,,, aq lm syncron???? untuk yang lin giman???? apakah senasib dengan saya
14.Link yang seharusnya tidak dipergunakan oleh OPS bocor dan keluar oleh pihak yang tidak bertanggung jawab, sehingga fasilitas perbaikan untuk admin pusat bener2 terpengaruh oleh keluar masuk data yang dilakukan oleh OPS lainnya yang kemudian mengetahui jalur itu lebih cepat
15. Aplikasi memang belumlah sempurna tapi karena pemaksaan OPS yang mengakibatkan setiap kendala ingin selalu segera di perbaiki, padahal merubah Struktur Database tidak lah semudah melontarkan kalimat "UBAH"
16. Mudah2an tidak ada kepentingan dari pihak lain yang sengaja agar DAPODIK ini dibekukan, dan mungkin hanya keinginan kami agar pusat dapat memperhatikan nasib OPS agar faham betapa Beratnya Tugas kami yang tidak pernah mengenal waktu dan Tenaga hanya karena memperjuangkan Orang lain tetapi Orang yangdiperjuangkan menyepelekan Tugas yang kita Emban...
17. katanya Dapodik memberangus mafia-mafia Pendidikan, dimana Pusat dapat mengetahui secara Detail kebutuhan-kebutuhan yang urgent untuk Sekolah nya tetapi nyatanya ada sekolah yg gurunya hanya 4 org dan pastinya diantara guru tersebut ada yg mengajar di kelas rangkap setelah diisi pada DAPODIK datanya merah semua daripada gx dapat tunjangan gurunya sama OPSnya diubah yg riilnya ngajar 2 kelas e malah diisi 1 kelas. jadi DAPODIK juga ngajar OPS berbohong......
18.ngapain sih membela dapodik kalau akses padamu negeri lebih cepat, pemborosan anggaran. kalau sistem pendidikan aja buat mesin pencetak uang, jangan heran KPK tambah kerjaan...
19. Operator di jawa ini memang bener2 manja.sinkronpun harus dilakukan berkali kali.ada perubahan sedikit disinkron perubahan sedikit disinkron.satu contoh karna siswa tinggi badan naik sedikit udah diubah lalu disinkron.juga kalu lagy gagal sinkronisasi sedikit aja kayak udah mau kiamat.cobalah kita tengok sodara kita operator dipapua.udah sulit sinyal meskipun gagal sinkron juga gag pernah mengeluh sedikitpun....  
20. Selain ada pembatasan kuota Sync di server, saat ini jg ada pembatasan akses sync. OPS hanya bisa melakukan 1 kali Sync BERHASIL selama jeda waktu 6 jam. Jadi jika sudah melakukan Sync berhasil
[menurut server], maka OPS baru bisa melakukan Sync kembali setelah 6 jam.  
21.Mau sinkronisasi tpi bingung apa yg mau disinkronisasi hehe.he Sebenernya bukan server dalam  perbaikan.. itu seharunya tampilanyan begini: Gagal Koneksi antara database server dng Lokal" intinya lgi macet bnyak yg proses singkron.. dan ada batasan/limited...
22. saya sudh sinkron dapodik berkali" dan dinyatakan berhasil... pada UPDATE log sinkron jg sudh masuk...tp ketika saya cek di info p2tk tetep 
23. teman2 ops tol pencerahannya.... karena laptop banyak virus, lalu saya install begitu selesai dapodiknya hilang padahal sudah selesai apa yang musti saya lakukan? apa harus dari nol lagi?
24.bismillah - alhamdulillah lebih baik uang sedikit tp barokah dari pada banyak sering sakit-sakitan ato dikejar-kejar kebutuhan yang tidak semestinya jasamu begitu mulia "OPS" semoga teman-teman semua dapat umur/rizki barokah tercukupi dan bahagia rumah tangganya aamiinn... ‪#‎optimis‬
25.Ternyata formulir dapodik 2013 masih kurang lengkap, boleh dikata hampir tidak sesuai dengan yang harus di entri ke dapodik, tepi karena hebatnya sang operator semuanya bisa terentri.
Yang menjadi pertanyaan sampai saat ini kenapa belum ada tunjangan gaji yang pasti seperti data PTK yang di entri, sebentar lagi PTK bakal terima tunjangan gaji. Banyak pihak yang di marahi karena target pencapain kurang memenuhi.Katanya sih banyak pengamat dan peliti, apakah karena tidak teliti atau kurang mengerti.
Ayo barang-bareng mengisi komentar di bawah ini, biar menjadi bahan evaluasi bagi yang bekompetensi di kemudian hari.
26. saya sangat yakin bahwa dibalik orag sukses pasti ada orang yang hebat untuknya
27. Bila anda mencari uang, anda akan dipaksa mengupayakan pelayanan yang terbaik. Tetapi jika anda mengutamakan pelayanan yang baik, maka andalah yang akan dicari uang.
28. Mohon Informasinya :sekedar tanya, apakah di daerah anda para OPS ketika sudah selesai mengerjakan DAPODIK diminta untuk membuat pernyataan, yang intinya memberatkan kami para OPS,
29. Gantian semua PTK dan Kepsek suruh bikin pernyataan jika Data sudah Valid benar dan Tunjangan Cair utnuk bersedia memberikan 50% tunjangan pada operator/tri wulan..
30. yang operator sudah pns juga mengeluh,,apa lg yg masih bakti,,tapi mengeluhnya'mengapa pemerintah belum mengangkat (operator), untuk tiap SD khususnya. karena guru yg merangkap jadi opertor kwalahan dengan pekerjaan,,pagi mesti harus masuk kelas,,otomatis sampe di rumah kerja lagi,biosistem,padamu negri, dan Dapodik,,gemana hayo,,artinya tugas 24 jam,,kapan istrhat? sementara guru2 yg lain tidur,,, 
31. tolooooooooooooong.......... Sudah berkali2 sinkron masig gagal juga kalo gak gagal server dalam perbaikan brengseeeeeeeekkkk..... ni masalah Server apa Modemnya apa Komputernya sih...!!!
32. Entah sudah yang keberapa kali Al hasil Proses singkronisasi selalu GAGAL..Dikatakan..SERVER SEDANG DALAM PERBAIKAN... hmm...menyedihkan...adakah SARAN dan bantuan dari kawan-kawan....!! 
33.mgkin yg prlu d lakukan:
_ banting laptopnya
_ bantai yg bkin aplikasi
_selesai
— marah .
34. temen2 operator mohon maaf yang sebesar besarnya bila ada tutur kata maupun tindakan saya yang kurang berkenan dalam kelompok operator dapodikdas maupun yang lainya baik ditingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten, karena mulai hari ini tugas dan tanggung jawab operator sudah saya selesai. terima kasih (sudah pesiun............. dari operator)
35. Sinkron dr subuh smpe siang gk ada hasil, servernya msh jeblok.berhasil sinkron tp bnyk yg ggal datanya, bingung kan......
36. OPS kerja KERAS u dapodik, sampe PERAS otak, lama2 jd tdk WARAS krn mslh SERVER yg tidak BERES...
37. HAYANG SINKRON TEPI KA PEUTING PISAN AH TETEP WE OOOOOOON SEVERNA ISUKAN MAH AREK NYIEN SERVER SORANGAN KUMAHA DEWEK WE DATANA OGE TONG DIATUR KU SIA.......
38. Apa-apan ini, saat operator bekerja siang malam tanpa lelah dapodik mau nyerah?????
39. Apa yg tjadi.? Wahai bapak2.. Apa sia2 kerja kami? Atau kami dikerjakan.. Padamu negeri.. Dapodik.. Knapa kami mengisi data yang sama untk usulan tunjangan guru2.. Bukan kami kberatan tapi ptimbangan para bapak2 yg kami harap... Kami yakin negeri ini masih banyak orang2 pintar,.. 
40.  yang paling ngenes, honor jauh dibawah UMR, biaya tambahan dapodik kagak ada. kadang stres sendiri kalo liat PTK yang lain santai-santai cengengesan..
sedang mencoba melamar ke perusahaan. stres lama-lama "mengabdi" tanpa perhatian, yang ada capenya + tanggung jawabnya. kata sabar sudah tidak cukup, kategori 2 juga bukan.
 
 
 
 

3 komentar:

tori qoel mengatakan...

ada apa dg dapodik pak

tori qoel mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Joni Iswahyudi mengatakan...

Mohon maaf...!
1. Tolong samakan antara Hak dan Kewajiban OPS.
2. Perhatikan.