Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Kamis, 31 Januari 2013

POS UN 2013



Kabarkongo.com - Berbagi informasi dari Kodok Ngorek ( PKP2 )Community. -

Prosedur Operasional Standar (POS) UN 2013 resmi dirilis oleh BNSP. POS ini dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan Ujian Nasional untuk semua sekolah umum, kejuruan , sekolah lua rbiasa dan kesetaraan ( Paket ). Selain POS resmi ini, sekolah penyelenggara Ujian juga harus membuat POS Ujian Nasional dan Ujian Sekolah sebagai acuan penyelenggaraan Ujian di sekolah masing-masing.

Bagi anda yang membutuhkan POS ini silahkan DOWNLOAD DI SINI gratiissss!!!! Semoga berguna.

Selasa, 29 Januari 2013

Kriteria Kelulusan Dalam Ujian 2013

KabarKongo.com Kabar terkini dari Kodok Ngorek Community.

Kriteria kelulusan peserta didik dalam Ujian Sekolah dan Ujian Nasional 2013 nampaknya belum berubah dari tahun kemarin.  Sebagaimana pasal yang ada pada Permendikbud Nomor 3 Tahun 2013 sbb : 

Pasal 6
(1) Kriteria kelulusan peserta didik dari UN untuk SD/MI/SDLB ditetapkan oleh satuan pendidikan dalam rapat dewan guru dan untuk Program Paket A ditetapkan oleh rapat dewan tutor bersama pamong belajar dari SKB Pembina.
(2) Kriteria kelulusan peserta didik dari UN untuk SMP/MTs/SMPLB, SMA/MA/SMALB/SMK, Program Paket B, dan Program Paket C apabila nilai rata-rata dari semua NA mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol).
(3) NA sebagaimana dimaksud pada ayat (2) diperoleh dari gabungan Nilai S/M/PK dari mata pelajaran yang diujikan secara nasional dan Nilai UN, yaitu dengan pembobotan 40% Nilai S/M/PK dari mata pelajaran yang diujikan secara nasional dan 60% dari Nilai UN.

Minggu, 27 Januari 2013

RAT Kosmep Kepanjen

KabarKongo.com Kabar terkini dari Kodok Ngorek Community.





RAT dan tutup buku 2012 " Kosmep " Kepanjen telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Januari 2013. Koperas  pegawai negeri ini anggotanya adalah gabungan dari guru dan karyawan  SMPN 4 Kepanjen, SMPN 1 Ngajum, SMPN 5 Kepanjen, SMPN 1 Pakisaji dan SMPN 1 Wagir.

Selain dihadiri oleh seluruh anggota, hadir dalam RAT ini adalah perwakilan dari KPRI Kab. malang dan Dekopin Kab. Malang yang masing-masing di beri kesempatan untuk memberikan sambutan. Agenda kegiatannya adalah laporan pertanggung jawaban pengurus dan pengawas yang secara mutlak diterima oleh anggota yang hadir. 

Agenda yang lain adalah pelantikan pengawas koperasi  Machrfus Al Baidowi ( SMPN 4 Kepanjen )yang terpilih kembali sebagai pengawas Kosmep periode 2013-2015. 

Sebagaimana biasa di akhir acara dibagikan beberapa doorprize untuk anggota yang hadir. Dan sebagaimana biasa pula , anggota dari SMPN 1 Ngajum berhasil menjadi yang terbanyak memperoleh doorprize baik yang kecil maupun utama. al ; Poniri, Erti, Laras, Heru, Nabil, Ningrum, Nurwid, Nonok, Diyan, Ririn,  Nurkhasanah, Puji Lestari, Solikan, Ima, Siti Rohmah, Supiyono, dan Poenk. Sayangnya, dua anggota yang mestinya dapat tetapi pulang adalah Rini dan Kukuh. Namun bagi yang tidak berhasil meraih doorprize masing-masing anggota sudah diberikan oleh-oleh berupa panci air. Nyatanya dari beberapa anggota menyatakan meskipun harganya gak seberapa kalau dapat doorprize berarti mendapat keberuntungan.

Senin, 21 Januari 2013

Dewan Guru Menjadi Petugas Upacara

KabarKongo.com Kabar terkini dari Kodok Ngorek Community.


Ada yang berbeda pada upacara Hari Jadi ke 29 SMP Negeri 1 Ngajum. Karena yang menjadi petugas upacara semuanya berasal dari dewan guru. Dengan berseragam keki coklat, meskipun tanpa latihan, petugas menjalankan tugasnya dengan baik tanpa ada kesalahan. Adapun rincian petugas upacara sebagai berikut ; 1) Kukuh Suprayogi (Komandan Upacara), 2) Pemimpin pasukan ( A. harnowo, Rudy Dwiasmoko,Hari Abrianto), 3) Pembawa pancasila ( Noegroho SP), 3) Pembaca UUD '45 ( Dwi Purwahadi), 4). Pengibar bendera (Widhi Novembri, Zullaika Permatasari,Yudip Mulyono), 5) Pengatur Upacara ( Tamad), Tim paduan suara ( Semua guru ). Sedangkan Pembina Upacara adalah Drs. Samiadi,M.Si,M.Pd. selaku kepala sekolah.

Selesai upacara bendera dilakukan pemotongan pita pelepasan balon oleh Kepala Sekolah. Pada kesempatan ini pula dilaksanakan acara pamit dari Bpk Harianto yang sejak Januari ini telah purna tugas. Sekolah ( Dewan guru dan karyawan ) serta siswa memberikan tali asih kepada Bpk. Harianto. 



Sebelum bergeser ke pembukaan bazar, peserta upacara disuguhi atraksi demo dari PPS Betako Merpati Putih dengan pelatih Suwandi ( guru SMPK/SMAK Yos Yudarso). MP adalah termasuk salah satu kegiatan ekstrakurikuler di SMP Negeri 1 Ngajum. Lima wakil dari PPS Merpati putih ini mendemokan gerak dasar, gerak terikat dan demo pemukulan kikir dan stang pompa dragon dengan komentator Must Poenk ( anggota MP angkatan I - Kolat Kepanjen).

Pada kegiatan bazar yang dilaksanakan di lapangan basket depan kantor,terdapat 24 stand bazar dengan berbagai macam jajanan sampai dengan nasi empok dan nasi tiwul. Tak ayal para pembeli yang nota bene siswa dan guru-guru berjubel menjadi satu di area stand. Tak berselang lama, kegiatan bazar ini berakhir bersamaan dengan ludesnya jajanan yang dijual. Itulah bebrapa kegiatan di akhir perayaan HUT SMPN 1 Ngajum yang ke 29. Semoga SMPN 1 Ngajum tetap menjadi pilihan utama masyarakat Ngajum dan sekitarnya demi mewujudkan cita-cita negara mencerdaskan kehidupan bangsa.

Minggu, 20 Januari 2013

Facebook = Rokok ???





KabarKongo.com Kabar terkini dari Kodok Ngorek Community.

Facebook cigaretteFacebook tak ubahnya rokok, selain menyebabkan kecanduan, dampak dari penggunaannya yang berlebihan akan merugikan sang pengguna. Inilah salah satu isi dari iklan layanan masyarakat yang mengkritisi Facebook.Facebook cigarette
Forbes (8/1) melansir beberapa foto yang berisi kritikan masyarakat tentang ketergantungan seseorang terhadap Facebook. Kritik ini terlihat menarik karena ditampilkan dalam bentuk poster dan benda berbentuk tiga dimensi.
Dalam gambar pertama ini misalnya, sebuah poster yang terpampang di jalanan Los Angeles mencirikan Facebook sebagai social cigarettes atau rokok sosial.
Selain itu, ada juga tiga benda berbentuk balok mirip bungkusan rokok besar dengan label Facebook. Bungkus rokok ini juga dilengkapi dengan bahaya penggunaanya. Tertulis bahwa Facebook dapat menyebabkan hilangnya waktu, berkurangnya semangat kerja, obesitas, gangguan sosial, dan adanya kemungkinan berubahnya takdir.

Lalu, bagaimana pendapat Anda? Apakah Facebook memang berbahaya layaknya rokok?

sumber : merdeka.com

Sabtu, 19 Januari 2013

Sekilas tentang Croof Band

KabarKongo.com Kabar terkini dari Kodok Ngorek Community.



Seandainya grup band ini tidak tampil di SMP PGRI 01 Ngajum ( 13/1) dan SMP Negeri 1 Ngajum ( 19/1). Kabarkongo tidak akan tahu siapa Croof Band. Mungkin masih banyak dari para remaja dan masyarakat umum  yang  merasa asing dengan nama tersebut. CROOF adalah sebuah group musik (band) pendatang baru dibelantika musik indonesia. CROOF terlahir dikota malang pada 1 oktober 2010 dan kini besar di Bandung. 

Nama CROOF diambil dari inisial huruf depan dari para personil  CROOF itu sendiri :Chocoe pada gitar, Reno pada drummer, Oodie pada keyboard, Fian pada vokal”. Sebagai usaha untuk ikut serta dalam memeriahkan perkembangan seni musik di Indonesia khususnya perkembangan music di Malang. CROOF telah telah menambah corak dengan mengusung aliran pop alternatif.

  Semenjak CROOF dilahirkan hingga saat ini, croof telah banyak menorehkan catatan - catatan bagi kualitasnya dalam bermusik seperti : menjadi finalis band sejawa Bali LA LIGHT STAR UP 2010, opening  saat konser PADI dan J ROCK di lapangan Rampal Malang, opening konser ADA BAND di Poltek Malang, opening konser ADY NAFF di Stadion Kanjuruhan, bintang tamu inagurasi seni di SMEA Muhammadiah Kepanjen, dan masih banyak catatan – catatan perjalanan CROOF yang membanggakan di luar Malang.
 
Adapun kehadiran grup band ini tampil di SMP PGRI dan SMP Negeri 1 Ngajum adalah karena kebetulan mereka berada di Malang untuk mengikuti tour bersama salah satu produk susu di Jatim. SMEAMU (SMK Muh 5 ) Kepanjen selaku peliput acara menawarkan kepada 2 SMP ini kalau mau disumbang Croff Band sebagai band penghibur. Jadilah mereka tampil di Ngajum 

Gebyar HUT 29 SMPN 1 Ngajum

KabarKongo.com Kabar terkini dari Kodok Ngorek Community.



Puncak peringatan HUT ke 29 SMPN 1 Ngajum berlangsung semarak. Beberapa kegiatan dilaksanakan sekaligus hingga berakhir pukul 15.00 WIB. Diawalai dengan kegiatan gerak jalan sehat. Dengan memakai pakaian sesuai ketentuan hasil kocokan. Peserta gerak jalan diarak berkeliling di jalan protokol Ngajum kota. Bunyi letusan bunga api menandai  pemberangkatan peserta gerak jalan.

Selain dilaksanakan penilaian antar kelas, peserta gerak jalan berhak untuk mendapat hadiah doorprize hasil undian. Hadiah utamanya adalah Televisi warna 14 inc. Kompor gas, Seterika listrik, Dispenser dll. Adapun jumlah doorprize yang dibagiakan tercata 175 bingkis lebih, termasuk 10 amplop angpouw dari kabarkongo.com.

Sedangkan untuk hiburan ditampilkan berbagai macam tampilan. al ; dance, tari tradisional, Peluit band, Croof Band dari Bandung dan Orkes dankduth Arama dengan penyanyi profesional dari alumni, yaitu Enny Sagita dan Melissa dan bintang tamu Helis.

Karena banyaknya doorprize dan acara kegiatan ini berlangsung  lebih dari 6 jam. Selamat hari jadi ke 29 SMPN 1 Ngajum. Semoga menjadi sekolah yang syarat akan prestasi akademik maupun non akademik. Amien.

Rabu, 16 Januari 2013

Edaran Kadiknas terbaru (Tambahan contoh format)

KabarKongo.com Kabar terkini dari Kodok Ngorek Community.

Edaran Kadiknas (Penyesuaian Tugas fungsional dalam Jabatan)


KabarKongo.com Kabar terkini dari Kodok Ngorek Community.

Kepada :

1.     Kepala UPTD TK/SD dan PLS
Dinas Pendidikan Kecamatan
2.     Kepala SMP/SMA/SMK Negeri
dan Swasta
3.     Ketua MKKS Negeri dan Swasta
Se
       Kabupaten Malang
  
Berdasarkan surat Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Malang nomor: 800/4930/421.202/2012 tanggal 28 Desember 2012, perihal penyesuaian dalam jabatan fungsional guru di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang, maka diharapkan agar saudara segera mendata dan mengirimkan dalam bentuk Hardcopy dan Softcopy (rangkap 1) dilampiri berkas sebagai berikut:
1.    FC. SK Kenaikan Pangkat Terakhir;
2.    FC. Ijasah S1 / D.IV (yang relevan dengan tugas yang diampu);
3.    FC. SK Pengangkatan dalam jabatan terakhir;
4.    FC. SK Penetapan Angka Kredit Terakhir
(point 1-4 masing-masing dilegalisir pimpinan unit kerja)
5.    Surat Keterangan kepala sekolah yang menjelaskan guru yang bersangkutan masih aktif melaksanakan tugas sebagai guru kelas/guru mata pelajaran/guru pembimbing;
Adapun Format dimaksud meliputi :
a.    Guru golongan ruang II/a – II/d yang tidak memiliki ijasah S1/DIV.
b.    Guru golongan ruang II/a – II/d yang sudah memiliki ijasah S1/DIV.
c.    Guru golongan ruang III/a keatas yang tidak memiliki ijasah S1/DIV.
d.    Guru golongan ruang III/a – IV/a yang sudah memiliki ijasah S1/DIV.
e.    Guru golongan ruang IV/b – IV/e
Format dan berkas tersebut dikirim ke Dinas Pendidikan Kabupaten Malang (Bidang Tenaga Teknis Pendidikan) paling lambat tanggal 21 Januari 2013

Penyesuaian Jabatan Fungsional Guru 
Ke dalam Jabatan Gungsional Baru 

NO PANGKAT / GOLONGAN RUANG JABATAN LAMA JABATAN BARU
1 Pengatur Muda, II/a Guru Pratama -
2 Pengatur Muda Tk. I , II/b Guru Pratama Tk. I -
3 Pengatur, II/c Guru Muda -
4 Pengatur Tk. I , II/d Guru Muda Tk. I  -
5 Penata Muda, III/a Guru Madya Guru Pertama, III/a
6 Penata Muda Tk. I, III/b Guru Madya Tk. I Guru Pertama, III/b
7 Penata, III/c Guru Dewasa Guru Muda, III/c
8 Penata Tk. I , III/d Guru Dewasa TK. I Guru Muda, III/d
9 Pembina, IV/a Guru Pembina Guru Madya, IV/a
10 Pembina Tk. I , IV/b Guru Pembina Tk. I Guru Madya, IV/b
11 Pembina Utama Muda, IV/c Guru Utama Muda Guru Madya, IV/c
12 Pembina Utama Madya, IV/d Guru Utama Madya Guru Utama, IV/d
13 Pembina Utama, IV/e Guru Utama Guru Utama, IV/e
Bersama ini pula disertakan surat Bapak Kepala Badan Kepegawaian Daerah dan format isian bisa didownload (Format Penyesuaian dan contoh surat keterangan, Permendiknas No 38 Thn 2010, Checklist Pemberkasan, Surat Keterangan untuk KS SMP/SMA/SMK Negeri)
 
Demikian atas perhatian Saudara, diucapkan terima kasih.
KEPALA DINAS PENDIDIKAN
KABUPATEN MALANG


H. EDI SUHARTONO
Pembina Utama Muda
NIP. 19610405 198601 1 001
 

Minggu, 13 Januari 2013

Pembangunan Gerbang Padepokan Soerjoalam

KabarKongo.com Kabar terkini dari Kodok Ngorek Community.





Sebentar lagi, saat tamu datang ke padepokan Soerjoalam yang ada di Sembon Ngajum lewat pasar Tumpangrejo akan merasakan suasana yang berbeda. Pengecoran jalan dimulai dari jembatan kecil perbatasan Ngajum dan Tumpang rejo hingga atas jurang secara swadaya sudah selesai. Sekarang sedang diselesaikan pembangunan gerbang masuk / gapura dalam bentuk hiasan dinding. Katanya yang mengerjakan, di atas yang melintang jalan  akan ada burung Rajawali.

Selanjutnya juga akan diteruskan pembangunan hingga depan padepokan yang dihuni Gus Sopan. Juga akan dibangun Pos RW.

Menurut penuturan Gus Sopan,  untuk mempercantik jalan tanjakan, di kanan kiri jalan yang sudah di cor akan dibuatkan pagar pendek sebagai pembatas dengan hiasan tanaman kecil / taman. Bisa kita bayangkan kalau semua ini sudah jadi. Pasti suasana padepokan sudah tercium mulai dari jembatan. 

HUT ke 38 SMP PGRI 01 Ngajum

KabarKongo.com Kabar terkini dari Kodok Ngorek Community.

Hari Abrianto ( Kepala Sekolah )

Groove Band (Bandung) tampil menggebrak



Alumni angkatan lama
Gebrakan demi gebrakan dilaksanakan oleh sekolah. Setelah pembangunan gedung dengan warna orange terlihat begitu wah. Kali ini, di perayaan HUT ke 38 SMP PGRI 01 Ngajum melaksanakan beberapa kegiatan yang selama ini belum pernah dilaksanakan. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan adalah ; 1) Turnamen Sepakbola antar SD se Kecamatan Ngajum, 2) Gerak jalan sehat , 3) Gebyar seni.
Pada turnamen sepakbola yang diikuti 8 sekolah dan dilaksanakan di lapangan desa Ngajum diperoleh juara-juaranya sbb :
1. SDN Maguan 01
2. SDN Ngajum 01
3. SDN Ngajum 05
Sedangkan, gerak jalan sehat dilaksanakan mulai pukul 07.00 dengan route jalan lapangan, Sendang , jalan raya Ngajum dan kembali ke sekolah. Hadiah utama yang disediakan adalah 6 buah HP double GSM. Para peserta sangat antusias  dengan kegiatan yang dilaksanakan. Apalagi pada saat pembagian hadiah yang dipandu MC (Poenk dan Pi'i) dimeriahkan oleh Groove Band dari Bandung meskipun personilnya ada yang dari Kepanjen. Groove bisa tampil di PGRI Ngajum karena ada tawaran dari SMEAMU Kepanjen yang juga menjadi sponsor kegiatan HUT ini. Beberapa tembang lagu dinyanyikan diikuti dengan goyangan siswa-siswai SMP PGRI 01. Mereka menyanyikan lagu penutup separuh aku milik NOAH Band. Semarak meriah dan hidupnya kegiatan membuat bangga semua yang hadir.

Di kesempatan ini pula, tampak orang-orang asing yang hadir di sekolah yang berdiri pada tahun 1975 ini. Beberapa di antaranya adalah alumni yang menjadi pejabat di pemerintahan. Termasuk Bapak Kepala desa Ngajum. Katanya mereka memperoleh informasi dari website dan FB sekolah. Dengan melihat foto-foto yang telah di upload , mereka ingin menyaksikan sendiri kondisi sekolahnya dulu. Demikian penuturan Prihatiningtyas yang sekarang menjadi pengajar di Surabaya.  Para alumni berkesempatan kumpul membahas acara untuk kegiatan reuni akbar yang akan dilaksanakan tahun depan. Selamat ultah SMP PGRI 01 Ngajum,  semoga  semakin berkembang dan bersaing prestasi dengan sekolah-sekolah di sekitar. 

Rabu, 02 Januari 2013

Cara Laporkan Rekening Bank Penipu?

KabarKongo.com Kabar terkini dari Kodok Ngorek Community.

Pernah dengar penipuan dengan cara sms untuk mentransfer sejumlah uang ke suatu rekening bank? tentunya sudah marak akhir-akhir ini, tapi bagaimana cara laporkan rekening bank penipu? Saya memiliki tps cara melaporkan rekening penipu pada bank bersangkutan. Langkah paling awal adalah kros cek setiap akan melakukan pembayaran. Tentunya dengan tetap waspada terhadap setiap rupiah anda yang meluncur ke rekening orang lain merupakan tindakan pencegahan yang cukup manjur. Tips atau cara melaporkan rekening bank pelaku penipuan akan saya jelaskan di bawah ini.

laporkan rekening bank penipu
Dunia online atau maya merupakan kebutuhan setiap manusia modern. Dengan demam sosial media dan blog maka akan menambah marak berbagai transaksi yang di lakukan di dunia tanpa batas ini. Berbagai toko online berbasis website, blog bahkan Sosial media seperti Facebook akan mempermudah orang untuk mendapatkan barang yang di inginkan hanya duduk di rumah atau melalui warnet. Toko Online sangat banyak bertebaran tetapi hanya sebagian kecil saja yang merupakan scam. Sangat mudah mengindikasi bahwa suatu Toko Online adalah penipuan. Anda lihat rekeningnya lalu catat kemudian menghubungi nomor telepon yang tertera di toko online tadi. Jika mereka hanya menyediakan nomor telepon hanya untuk SMS sebaiknya anda waspada walaupun tidak semua yang seperti ini merupakan penipuan. Para penipu cyber lewat toko online biasanya hanya bisa dihubungi lewat SMS jadi anda perlu waspada terhadap penipuan seperti ini.
Langkah lain yang perlu anda cek adalah alamat si empunya toko online, jika tidak ada sebaiknya anda waspada. Catat nomor rekening yang akan anda transfer dan bila sudah transfer, simpan baik-baik bukti transfer anda. Pencatatan ini untuk mencegah penipuan yang dilakukan lewat SMS juga. Jika sudah mencatat nomor rekening di suatu toko online yang ingin anda beli produknya dan biasanya akan ada sms pemberi tahuan bahwa harus transfer di rekening mana, cocokkan dengan catatan yang anda punya saat mencatat di website toko online tadi, jika tidak cocok maka harus sangat waspada.
Jika anda sudah menjadi korban penipuan berupa sms atau korban penipuan toko online, laporkan saja nomor rekening si penipu.

Cara laporkan rekening bank penipu lihat dibawah ini:

1. Simpan bukti transfer yang telah anda dapat dari mesin ATM atau bukti slip setoran bank.
2. Lakukan pelaporan penipuan di kantor polisi terdekat dan minta surat pelaporan tadi. Ini seharusnya tidak bayar tetapi jika ada yang minta “uang administrasi” beri saja Rp. 10.000.
3. Silahkan menuju bank si penipu (bank rekening penipu), utarakan bahwa telah di tipu oleh orang yang mempunyai nomor rekening yang telah anda kirimi uang. Sertakan bukti transfer beserta Surat Laporan Polisi (jangan lupa di foto copy) dan bank akan menampung laporan anda. Usahakan mendatangi Cabang Besar Bank karena akan cepat untuk di tindaklanjuti.
4. Silahkan anda menunggu progres dari bank tersebut.
Dari Pelaporan rekening itu, bank akan mulai menginvestigasi laporan anda dan segera memblokir rekening tersebut. Rekening yang terblokir hanya bisa di buka oleh yang punya rekening, sehingga jika si penipu akan membuka blokir maka investigasi mendalam akan di lakukan oleh bank dan tidak menutup kemungkinan akan melibatkan kepolisian. Langkah terakhir dan sangat penting adalah Silahkan berdoa dan berharap agar penipu dapat ditangkap dan tidak ada korban lain serta uang anda bisa kembali. Semoga tulisan saya tentang tips Cara laporkan rekening bank penipu beserta peningkatan kewaspadaan terhadap berbagai transaksi yang anda lakukan ini bermanfaat.