Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Rabu, 17 Juli 2013

Cara memperoleh Bintang 3 pada Verivikasi NUPTK

Kabarkongo.com - Berbagi informasi dari Kodok Ngorek ( PKP2 )Community. -

Kegiatan Verivikasi dan validasi NUPTK yang sedang dilakukan oleh PTK rupa-rupanya masih banyak yang merasa kebingungan. Bukan hanya PTK yang bersangkutan yang bingung. Tak jarang operator sekolah juga masih mengalami kendala dengan apa yang harus dilakukan. 

Sebagai operator sekolah yang berada di daerah pinggiran, saya berusaha untuk mencoba dan mencoba. Membaca alur yang harus dilalui agar verivikasi berjalan sebagaimana mestinya. Secara garis besar akan saya bahas bagaimana seorang PTK telah melakukan verval hingga sampai bintang tiga. Berikut ini yang telah saya lakukan.
1. Melakukan aktifasi akun sekolah dengan id dan password dari Operator Diknas Kab. Malang
2. Memasukkan data dari formulir A01 dan mencetak untuk masing-masing PTK.
3. Agar tidak bermasalah dengan aktifasi akun PTK, maka aktifasi PTK dilakukan oleh operator sekolah. Mengapa ini saya lakukan, karena setelah mencoba aktifasi saya berikan kepada 2 PTK ternyata malah ada masalah. Karena setelah login siap ada kekeliruan email dan passwornya. Yang akhirnya harus mengulang dari awal.
4. Setelah aktifasi akun PTK berhasil, id dan passwod yang saya berikan adalah PTK dan tanggal lahir seperti pada dapodik. Ini hanya untuk memudahkan saya agar tidak perlu mengingat-ingat password masing-masing PTK. ( Passwordnya bisa diganti oleh PTK yang bersangkutan ).
5. Meski masing-masing PTK diberi email baru NUPTK@siap..id, namun untuk login akun PTK cukup dengan menggunakan  NUPTK dan password yang berupa tanggal lahir. 
6. PTK menjawab Evaluasi diri secara online yang berisi 56 pertanyaan. Semua harus dijawab dulu.
7. Setelah EDS terjawab semua baru PTK mengisi data diri secara benar sesuai data yang ada.
8. Jika EDS dan data diri sudah selesai, PTK mencetak ajuan verivikasi berkas. 
9. Dari hasil cetakan berupa S04, Operator melakukan kebenaran data PTK yang telah dimasukkan dengan bukti berkas yang ada. 
10. Jika semua sudah benar, semua pilihan harus dicentang. Selanjutnya mencetak Pakta Integritas S07. yang berisi data dan harus ditanda tangani PTK yang bersangkutan di atas materai serta TTD Kepala Sekolah Induk PTK.
11. PTK berhasil memperoleh bintang 3. Yang selanjutnya Pakta Integritas beserta kelengkapan berkas tersebut nantinya diserahkan ke operator Diknas agar memperoleh pengakuan respi NUPTK dari PTK.
12. Verivikasi selesai.

 Sampai sejauh mana langkah verivikasi yang telah dilakukan berikut contoh gambarnya, bintang 2 apa bintang 3.


0 komentar: