Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Senin, 15 April 2013

Naskah UN Terlambat, BOCOR???

Kabarkongo.com - Berbagi informasi dari Kodok Ngorek ( PKP2 )Community. - 

Dalam kegiatan UN , baru kali ini terjadi keterlambatan pendistribusian soal UN untuk tingkat SMA. Terlambatnya naskah soal Ujian Nasional (UN) 2013 ke 11 provinsi ini ternyata akibat permasalahan teknis yang terjadi di percetakan yang wajib menangani pencetakan hingga pendistribusian soal. Kendala teknis ini sendiri terkait dengan masalah pengepakan soal saat hendak akan didistribusikan.
Direktur PT Ghalia Indonesia Printing, Hamzah Lukman, mengatakan bahwa hingga saat ini naskah soal masih dipilah untuk dimasukkan ke dalam kotak sesuai dengan kabupaten/kota yang dituju dan sesuai kelas yang ada. Keterlambatan dalam pengepakan soal ini sendiri berawal dari banyaknya jumlah soal yang keluar cetak.

Alasan keterlambatan itu adalah , durasi kerja yang mestinya hingga 60 hari menjadi hanya sekitar 25 hari. Padahal, jumlah soal yang kali ini dicetak lebih banyak dengan variasi paket soal yang juga tak kalah banyak.

Bisa jadi , karena di propinsi lain sudah melaksanakan kegiatan UN sesuai jadwal, apakah tidak mungkin di propinsi yang kegiatannya menyusul ini mempunyai link dengan propinsi lain akan mengetahui bentuk soal yang telah diujikan. Kalau memang ya, tentunya sebuah keuntungan tersendiri bagi propinsi-propinsi tersebut. Meski toh soal jelas tidak sama, tapi bentuknya kan ya mirip.  Menurut informasi, kegiatan UN di 11 propinsi tersebut akan dilaksanakan mulai hari Kamis- Jumat dan Senin - Selasa.  Inipun akan menjadi masalah tersendiri bagi sekolah-sekolah yang kebetulan menggunakan gedung yang sama untuk UN SMP-SMA karena tanggal 22 sd 25 gedung tersebut dipergunakan untuk kegiatan UN tingkat SMP. 

Nah, bagaimana menurut Anda ? Silahkan dipikir sendiri. Apakah ini termasuk kategori bocor apa tidak? 


0 komentar: