Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Jumat, 16 November 2012

Acara Suroan di Gunung Kawi

KabarKongo.com Kabar terkini dari Kodok Ngorek Community.



Perayaan tahunan 1 Suro di Daerah Wisata Gunung Kawi selalu ramai pengunjung. Pada tahun 2012 inipun seperti tahun-tahun sebelumnya. Pengunjung berdesak-desakan di sepanjang jalan yang akan dilalui acara karnaval yang diawali dari start di area parkir bawah.

Acara suroan kali ini diawali sejak tanggal 14 atau sehari sebelum 1 Suro. Warga melakukan napak tilas dari Padepokan Njugo, Kesamben, Blitar, dengan berjalan kaki menempuh jarak sekira 40 kilometer menuju Gunung Kawi.

Pada malam 1 Suronya, ditampilkan acara wayangan dan tahlil bersama di Padepokan Gunung Kawi. 

Sedangkan acara kirab sesaji dan iring-iringan sangkala dilakukan sejak pukul 11.00 WIB menuju lokasi pembakaran Sangkala (ogo-ogo) kira-kira sejauh 1,5 kilometer.

Sesampai di Pesarehan sesaji didoakan, masyarakat dan tamu kemudian berebut sesaji sebagai ungkapan rasa sukur warga kepada Tuhan YME. "Setelah itu, acara puncaknya membakar Sangkala sebagai simbol kebatilan," kata Ketua Panitia, Irwan Sumadi.

Ritual gebyar 1 Suro ini merupakan acara tahunan untuk memperingati tahun baru jawa, sekaligus haul Eyang Jugo, sebagai salah satu sesepuh yang dikeramatkan di komplek pemakaman Gunung Kawi. Kegiatan ini biasanya dilaksanakan di daerah-daerah yang menganut adat Jawa, seperti Yogjakarta, Surakarta dan daerah-daerah yang leluhurnya dari daerah tersebut.

0 komentar: