Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Kamis, 02 Agustus 2012

Tip Mengerjakan UKG Online.

KabarKongo.com Kabar terkini dari Kodok Ngorek Community..

Bagi para peserta  UKG Online harus berhati-hati dalam mengerjakan soal karena  bisa saja terjadi masalah di saat mengerjakan soal Online ini. Karena itu ada beberapa tip yang bisa dilakukan untuk meminimalisir  kesalahan yang bisa merugiakan peserta sendiri.

1. Pastikan nama, mapel yang diampu benar.
2. Kerjakan soal mulai dari nomor 1, baik benar maupun ragu-ragu. Sebaiknya yang ragu-ragu ditulis dikertas agar nanti lebih cepat untuk mengulangi mengerjakan soal tersebut.
3. Jika soal tersebut berupa gambar, sebaiknya gambarnya disalin di kertas buram. Karena jika sudah dilompati pada kesempatan mengulang soal tersebut kemungkinanya gambar tidak muncul. Demikian juga dengan jawaban yang mengandung simbol misalnya ( phi=matematika).
4. Hindari meng klik icon proses (berupa gambar tangan) karena jika muncul pertanyaan selesi dan di klik maka Anda sudah dianggap selesai mengerjakan soal UKG )
5. Sebelum melakukan proses, sebaiknya buka dulu icon navigasi ( gambar tapak kaki ) untuk memastikan soal sudah dikerjakan semua. Karena jika masih terdapat warna merah berarti belum dikerjakan. Baca keterangan berapa soal yang belum dikerjakan pada navigasi tersebut. Jika sudah yakin selasai, baru boleh tekan proses.
6.Tunggu hasilnya keluar yang menerangkan kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional benar dan alahnya berapa ? Seperti gambar di bawah.


Hal-hal yang pernah terjadi dan berakibat fatal.
Awalnya peserta mencoba mengerjakan soal latihan sampai dengan proses selesai. Namun di saat akan mengerjakan soal ujian yang sebenarnya, saat nomor peserta dan NUPTK dimasukkan kembali. Komputer menyatakan peserta tersebut sudah selesai melakukan proses ujian. Akibatnya sangat  fatal. Peserta sudah dianggap selesai ujian dan jelas-jelas nilainya 0 (nol).

Makanya saran saya, jika Anda takut mengalami kejadian tersebut. Anda tidak perlu mencoba soal latihan. Langsung saja mengerjakan soal dan kalau tidak mengerti langsung bertanya kepada pengawas maupun teknisi di tempat ujian. Semoga bermanfaat. 

0 komentar: