Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Minggu, 05 Agustus 2012

Serba-serbi Mengikuti UKG Online 2012

KabarKongo.com Kabar terkini dari Kodok Ngorek Community.

Ini sekedar cerita saat kabarkongo(saya) mengikuti UKG Online yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Kepanjen.  Kebetulan saya dijadwal pada hari ke 4 gelombang pertama. Menempati lab. I. Saat saya masuk ruang ujian, pengawas sedang memberi pengarahan. Sebagaimana informasi yang saya peroleh sebelumnya. Ada sebagian peserta UKG hari sebelumnya di beberapa tempat , setelah melakukan latihan mengerjakan ternyata setelah akan melaksanakan Ujian yang sebenarnya ternyata ada keterangan Ujian sudah di proses. 
Makanya di saat waktu saya mengikuti ujian, saya sudah berencana tidak perlu melakukan latihan, karena latihan pengerjaan sudah saya lakukan dengan contoh latihan yang saya download dari sumber UKG resmi.

Kebetulan oleh pengawas juga diperbolehkan untuk langsung melaksanakan UKG, alasannya waktu pengerjaanpun sesuai dengan waktu saat peserta mulai melaksanakan ujian yang tertera pada layar pengerjaan UKG.

Sayapun melaksanakan ujian sesuai dengan bidang studi saya yaitu matematika SMP. Soal saya selesaikan sesuai dengan waktu yang tersedia. Saya juga sudah sempat melakukan koreksi soal-soal yang tersedia. Hanya saja saat itu terdapat 14 soal yang cacat. Maksudnya soal tidak lengkap ( ada yang hanya soalnya saja, jawabannya saja, soal tidak ada gambar dsb). Adapun proses saya biarkan untuk memproses sendiri sampai waktu habis. Setelah menunggu beberapa lama, ternyata dari 20 peserta se ruang ujian, tidak ada nilai yang muncul saat proses terjadi. Saya dan teman-teman sempat menunggu sampai 30 menit lamanya. Nampaknya sambungan ke server pusat terganggu. Sampai akhirnya teknisi mengambil langkah mengumpulkan nomor peserta untuk dilihatkan hasilnya di kantor yang mungkin sambungan internetnya lancar.

Setelah kejadian tersebut, teknisi memperoleh informasi untuk mengakses dengan menggunakan alamat tertentu yang akhirnya ada satu komputer bisa dipergunakan untuk menyelesaiakan soal hingga proses selesai dan nilainya keluar. Adapaun komputer lain masih tetap belum lancar. Teknisi mencoba mereset satu persatu komputer ujian. Namun komputer saya nampaknya juga bermasalah. Akhirnya  saya berpindah tempat ke komputer teman yang tadinya selesai dipergunakan. Saya masukkan nomor peserta dan NUPTK yang memang saya hapal, meskipun kartu saya ada di panitia, saya bisa memperoleh soal-soal ujian kembali. 

Ternyata dari pengerjaan saya sebelum proses terganggu, yang terekam hanya sampai nomor 70, sedangkan nomor 71 sd 100 belum terekam. Adapun sisa waktun pengerjaan menunjukkan kurang 50 menit. Saya pun kembali mengerjakan soal mulai no 71. Sekarang muncul beberapa soal ( jumlah 4 soal ) yang tadinya tidak muncul. Sedangkan soal nomor 95 sd 100 tetap tidak muncul alias gak bisa dikerjakan. Namun soal nomor tesebut tetap saya jawab dengan insting. Masalahnya saya pikir program mesin tidak bisa dikomplain. Jadi harus tetap dijawab. Waktu yang saya pergunakan untuk menyelesaikan 30 soal tersebut hanya 20 menit. Di layar sisa waktu pengerjaan masih 30 menit. Setelah di navigator soal dinyatakan  sudah terjawab semua Saya langsung melakukan proses. Kebetulan di ruangan ada sidak Kadiknas dan Ka sekmen. Sehingga beliau langsung tahu hasil nilai saya. Setelah tahu bahwa saya lulus beliau langsung memberikan ucapan selamat. 
Semoga cerita serba-serbi ini bisa dipergunakan sebagai bahan bagi peserta UKG yang belum melaksanakan ujian. O iya, jangan lupa hasil ujian Anda didokumentasi dengan HP. Sehingga kalau ada yang tidak percaya dengan hasil ujian Anda (kalau lulus ) tinggal menunjukkan saja.. hehehehe. 

Ngapunten, matur nuwun.

0 komentar: