Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Jumat, 18 Mei 2012

Melestarikan Musik Angklung di Malioboro

KabarKongo.com Kabar terkini dari Kodok Ngorek Community.




Di tengah hiruk pikuk pengunjung Malioboro, terdengar alunan musik yang rancak mengiringi lagu-lagu anyar campur sari n dankduth. Ada yang menarik kabarkongo.com di sini. Suara yang khas dari alat musik angklung yang biasa dipegang satu orang satu alat. Namun di sini cukup dipegang oleh seorang saja. 

Itulah yang kabarkongo.com lihat dari sekelompok pemuda pimpinan Hery asli Yogja. Hampir satu jam Kabarkongo.com menunggu melihat dan mendengarkan musik yang mereka mainkan. Hampir semua orang yang lewat, berhenti untuk sekedar mendengarkan musik mereka maupun mengabadikan dari camera  HP maupun Handycam. Dan yang tidak ketinggalan sudah puluhan orang mengeluarkan kocek minimal Sejing untuk dimasukkan di kardus yang sengaja mereka letakkan di atas kursi di depan mereka memainkan alat musik. 

Seorang penonton yang  tanya ke saya siapa pimpinannya saat saya bercakap-cakap dengan salah seorang pemain. rupanya pemuda tersebut mau nanggap untuk suatu acara. Setelah ditanyakan langsung kepada Herry, barulah saya tahu kalau mereka juga menerima order tanggapan, satu jam kurang lebih Rp. 600 rb. kalau plus penyanyi wanita tambah seratus.  Selain itu mereka juga bisa membuatkan rangkaian alat musik angklung tersebut seharga Rp. 400 rb. Selamat berkarya sobat, selamat telah sukses melestarikan salah satu alat tradisional Angklung, di tengah membanjirnya alat-alat modern.

0 komentar: