Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Minggu, 30 Januari 2011

Temuan Kerangka Anjing dan Harta Karun Abad ke-1


Temuan Kerangka Anjing dan Harta Karun Abad ke-1
Liputan6.com, London: Peneliti Inggris menemukan sebuah kerangka anjing berusia dua ribu tahun terkubur bersama harta karun, lima ribu koin emas dan perak, beserta hiasan zaman Romawi kuno. Penemuan menakjubkan ini dilakukan di situs penggalian zaman perunggu, di wilayah pedesaan Inggris.
Peneliti dari Universitas Leicester berpendapat, anjing jenis retriever ini dibunuh untuk menjaga harta milik bangsa Corieltauv, yang hidup di Ingrris sebelum masa pendudukan Romawi. Diperkirakan, mereka mengubur anjing itu pada tahun 1 Masehi sampai 50 Masehi, arwahnya bisa menjaga barang berharga mereka.
Vicki Score, salah seorang peneliti, mengatakan, "Kerangka ribuan tahun itu ditemukan di sebuah lubang dekat pintu masuk. Kami percaya anjing itu ditugaskan untuk menjaga harta karun bangsa mereka, merupakan sebuah kehormatan bagi anjing tersebut."
Kerangka anjing beserta harta karunnya akan dipamerkan di sebuah museum di Inggris. Saat ini, peneliti masih melakukan pencarian terhadap barang peninggalan, atau saksi sejarah lainnya. (Vin)

Gambaran kawulo alit

KabarKongo.com -  Nek riko pas wayah isuk  mlaku-mlaku nang jalan Kawi Kepanjen sing arahe nang Kuto Blitar, pas gek ngarepe SD Kepanjen Siji. Riko mesti ketemu karo bakul koran sing manggon sangarepe toko onderdil karo servis  motor " Kawi Motor ".

Saben isuk wiwit jam 5 nol-nol , bakul koran iki wis mangkal  ngenteni ter-teran koran Jawa Pos, Surya, Malang Pos, Memo lan sak liya-liyane.  Nek korane podo teko, " Cak QUL " panggilane wong-wong sing tuku koran iki langsung ngrakit dadi siji koran-koran sing isih mrenco-mrenco. Sing mesti kudhu dirakit disik yaiku koran Jawa Pos. Amarga koran iki ono 3 bendel kabehe. 
Lha gek kene, aku pingin menehi ngerti marang peno kabeh sing durung ngerti sopo sejatine " Cak Qul" iki.
Wis sampeyan simak yo ???

Pawongan iki lahir nggawe jeneng "Fatqul Mu'in" asli wong Panjen. dening celukane ono sing Fatqul, yo ono Mu'in. lahire nek jare deweke tahun 1965 an.. berarti sik luwih towo teko aku. Sak weruhku, Fatqul sekolah e  SD Siji Panjen. sik kepala sekolahe Ibu Supilah. Lulus SD deweke nglanjutno nang SMP Negeri 4 Malang... (cik adohe rek )... ojo salah tampa yo , sing tak karepno SMPN 4 Malang iku yo SMP Negeri 4 Kepanjen sing ngadeg jegrek gek ngarepe Kantor Kecamatan Kepanjen iku. Sing saiki terkenal dadi sekolah RSBI. Nah... ngerti wis ta ? Jaman semono mlebu SMP 4 iku nggawe wis nggawe tes tulis, pengumumane di umumno gek papan pengumuman gede.. sing ndelok podo antri.


Mbalek nang kang Fatqul sing rambute wis akeh wan e iki,  hehehe... riko tak takoni ngerti opo ora? pendidikane paling duwur opo hayoo??
"
Nah. tak wenehi weruh yo....tapi ojo gaget ... nek riko durung  podo durung ngerti., Fatqul Mu'in iki sak jane yo guru Matematika , deweke alumni Univwersitas Budi Utomo Malang. Tapine pancene Fatqul biyen emoh dadi guru.. kan guru iku biyen bayaren mek sithik..opo maneh sing sing sukuan..

Amarga Fatqul iki uripe  mung karo ibune sing jaman disik dodol rokok gek ngarepe SD siji sisih wetan. Dadine deweke duwe prinsip nggolek gawean sing cepet nggasilno ojir. lha dalan sing ditemu yoiki " Mbakul Koran " . Masiyo koyoke mbakul mek numpang sak etalase, tapi kana haube akeh.. nek gak salah ono 12-15 an. Dodole mencar-mencar... ono sing nang perempatan dalan, nduwur bis, nang Mapolres koyok sing dilakoni Cak Li " Romli " sing nyambi mijet bapak-bapak anggota polisi.  Lan sing paling adoh nang daerah Wlingi.

Sakliyane dodol koran lan sapunggalane..Fatqul nek pas wayahe Arema main gek Kanjuruhan, deweke yo oleh jatah ngedol tiket.. ngedole wis mesti.. njupuke bathi mung 1000-2000 ra luwih teko iku. Opo maneh yo...?? lha ono maneh sing sik anyar dilakoni.. yoiku dodolan pulsa, sing lawas maneh yoiku nyediakno tikcet bus n kapal api wong sing lungo nang luar Jawa.

Wis yo cak, mas, kang, ibu,mbak yu,... jane sik akeh critane... tapi semene disik ae... sing penting opo? Awake dewe ora oleh podo ngeyek, nyepelekno, n langsung tebak marang wong sing riko adepi nek durung ngerti aten-atenane ugo sejatine wong iku. Mungkin ae.. saiki peno kabeh wis podo joyonyo ( he..he lakok maleh nang honocoroko). Tapi yo iku pesenku mung siji.. ojo adigang-adigung adiguno..  Ojo gede rumonso tapi yo ojo rumongso gede. Urip ki mek sak dermo... sakdermo mampir ngombe... wis sampen pikir dewe opo karepe..!!!! pesenku mung siji... Riko kabeh ojo nyalahno tulisan sing tak gawe boso lan tulisan campur aduk koyo ngene.. amargo negaro awake dewe iki" bhineka tunggal ika " (po3) 

Sabtu, 29 Januari 2011

SMP Negeri 1 Ngajum kembali berprestasi

Selasa, 25 Januari 2011


Ngajum - Olympiade Matematika yang dilaksanakan oleh SMA Muhammadiyah Kepanjen (Smuda) telah berakhir. Dewan juri telah menetapkan pemenang Olympiade yang diikuti lebih dari 80 peserta. Kali inipun SMP Negeri 1  Ngajum berbicara di antara peserta, dari 11 siswa yang dikirim, 1 siswa an. Zen Lenny berhasil menjadi Juara I, sementara teman yang lain ada di beberapa peringkat di bawahnya. Data peserta dari SMPN 1 Ngajum adalah silahkan klik di sini

Jumat, 28 Januari 2011

Prestasi orang Indonesia

Astronom RI, Johny Setiawan (lipi.go.id)


Fokus
Orang Indonesia di Balik Temuan Planet Alien
Para astronom temukan planet baru. Membuka jalan bagi ilmuwan. Dipimpin astronom Indonesia
Jum'at, 19 November 2010, 21:54 WIB
Elin Yunita Kristanti
Kabarkongo.com -- Ini temuan terkini dalam dunia astronomi. Sebuah planet baru. Ditemukan oleh Max Planck Institut fur Astronomie (MPIA) di Jerman. Diberi nama Planet HIP 13044b, sebab dia mengelilingi HIP 13044, sebuah bintang tua yang sudah sekarat. Temuan baru ini dilansir Kamis, 18 November 2010. Dipublikasikan secara luas ke seluruh dunia hari ini.
Kisah tentang angkasa luar, temuan planet, dan sebagainya kerap kali membuat kita kagum. Kadang juga bingung. Sebab istilah dan kodenya begitu banyak. Agar cerita tentang planet baru itu mudah dipahami, ada baiknya kita buka kembali cerita para guru soal jagat raya ini.
Semenjak di bangku sekolah kita diajari bahwa dalam jagat raya ini terdapat sejumlah galaksi. Salah satunya adalah Milky Way, yang oleh kita lebih dikenal dengan sebutan Galaksi Bima Sakti. Dalam Bima Sakti itulah bumi yang kita huni ini dan sejumlah planet lain menetap.
Di luar itu masih banyak galaksi lain. Salah satunya adalah sebuah galaksi mini. Planet-planet di galaksi mini mengitari sebuah bintang induk bernama HIP 13044. Para ahli menghitung bahwa galaksi mini ini berjarak sekitar 2000 tahun cahaya dari bumi.
Tapi bintang induk itu kian renta. Daya gravitasi terhadap sejumlah planet yang mengitarinya kian lemah. Melemahnya daya gravitasi itu menyebabkan sejumlah planet terlepas dan disedot oleh daya gravitasi galaksi yang lain.
Satu dari sekian planet di sekitar bintang yang renta itu, ditarik oleh daya gravitasi Galaksi Bima Sakti. Daya tarik itu menyebabkan planet itu masuk ke dalam lingkungan Galaksi Bima Sakti. Proses penarikan itu juga kerap disebut sebagai "kanibalisme" galaksi. Sejumlah ahli menaksir bahwa proses kanibalisme itu terjadi 6 hingga 9 miliar tahun silam.
Planet yang masuk ke Bima Sakti itulah yang ditemukan sejumlah astronom di Jerman tadi. Lantaran dia berasal dari lingkungan HIP 13004, maka planet yang baru ditemukan itu diberi imbuhan b menjadi HIP 13004b. Planet ini menjadi "anak kost" di Galaksi Bima Sakti. Ukurannya, sedikit  lebih besar  dari Yupiter.
Apa pentingnya temuan planet baru itu buat kita?
Rainer Klement dari MPIA menuturkan bahwa temuan itu sangat menarik, sebab inilah pertama kalinya manusia menemukan adanya planet lain di luar galaksi kita. Temuan itu juga, lanjut Rainer, membuka jalan bagi para astronom untuk meneliti kelangsungan hidup galaksi Bima Sakti, juga kelangsungan hidup bumi yang kita huni ini. 
Para ahli itu menghitung bahwa sekitar lima miliar tahun yang akan datang, Matahari juga perlahan akan redup. Dia akan memasuki fase "raksasa merah" yaitu fase di mana kekuatannya meredup dan daya grativitasinya melemah. Ketika daya gravitasi melemah itulah, planet-planet yang mengitarinya--termasuk bumi-- "dimangsa"  oleh matahari atau disedot oleh gravitasi galaksi yang lain.
“Penemuan ini sangat menarik terutama ketika kita memahami masa depan tata surya, bahwa Matahari juga akan berubah menjadi 'raksasa merah' lima miliar tahun mendatang," kata pemimpin proyek, Johny Setiawan – astronom Indonesia yang juga bekerja di MPIA.
Lalu mengapa si HIP 13044b itu selamat dan tidak tertelan oleh planet induknya. Johny memperkirakan lantaran planet itu berotasi lebih cepat dari planet-planet yang lain. Namun dia tidak akan hidup selamanya, sebab bintang induk itu akan berkembang dalam tahap evolusi berikutnya. Saat itulah nanti-- miliaran tahun lagi-- planet ini tertelan.
Johny setiawan memperkirakan bahwa nanti,  saat Matahari memasuki fase penuaan dan  menjadi raksasa merah, Bumi mungkin tak akan selamat.
"Planet-planet dalam, termasuk Bumi, mungkin tidak akan bertahan hidup," kata Johny Setiawan pada SPACE.com. "Tapi Jupiter, Saturnus dan planet-planet luar mungkin pindah mendekat, persis seperti yang kami deteksi."
Namun, pada akhirnya semua akan binasa. Suatu ketika si Yupiter itu pun akan tertelan, sebagaimana nasib si HIP 13044b, yang karena datang dari antah berantah itu kemudian disebut planet "Alien".
Dipimpin Astronom Indonesia
Kita boleh berbangga karena tim penemu planet alien ini dipimpin astronom Indonesia, Johny Setiawan.Dr.rer.nat.  Meski gemilang di luar negeri, tak banyak orang Indonesia yang tahu siapa dan sepak terjang sang astronom.
Pria kelahiran 16 Agustus 1974 ini bekerja di Max Planck Institute for Astronomy (MPIA), Jerman. Hebatnya, ia orang non-Jerman yang dipercaya berkali-kali sebagai ketua tim proyek.
Ia bergabung sebagai peneliti post-doctoral di MPIA, di Department of Planet and Star Formation sejak Juni 2003. Di tahun yang sama pula ia mulai memimpin penelitian di observasi bintang dan planet ESO La Silla. Selain itu, ia juga bekerja secara khusus di sejumlah projek seperti ESPRI (Pencarian Planet dengan PRIMA/ Phase-Referenced Imaging and Micro-arcsecond Astrometry).
Sebelum penemuan terbaru soal planet alien itu, Johny dan timnya menemukan sekitar 10 planet baru, meski tak semua dipublikasikan. Pada 2008, misalnya, ia dan timnya menemuka planet yang diberi nama TW Hya b. Planet tersebut mengelilingi bintang TW Hydrae itu berada di konstelasi Hydra yang berjarak 180 tahun cahaya dari Bumi.
Penemuan ini membuat kaget dunia astronomi. Sebab, dalam kurun waktu 12 tahun terakhir,  tak satu pun planet yang muncul dari bintang muda.

Pada 2005 tim peneliti yang sama juga berhasil menemukan planet ekstrasolar lain yang diberi nama HD 11977 b yang juga memberikan informasi tentang evolusi dari sistem tata surya lain berkaitan dengan eksistensi planet jika bintang induk kehabisan sumber energi.

Sebagai asli Indonesia, Johny menguasai bahasa ibu, Bahasa Indonesia. Dan pergaulannya di Eropa membuat ia  lancar berbahasa Jerman, Inggris, Spanyol, dan Prancis.
Selain bekerja di MPIA, Johny aktif memberikan ceramah soal astronomi, baik di Jerman maupun Indonesia.
Menurutnya, kegiatan sosial dan publik dalam komunitas ilmiah, dan hubungan antara akademisi, sains maupun non-sains sangat penting artinya untuk mentransfer ilmu pengetahuan dalam arah horisontal dan vertikal.
Selain kesibukan sebagai ilmuwan, Johny juga punya hobi memasak. Dia bisa memasak hampir semua jenis masakan tradisional Indonesia, yang kerap disajikan untuk kawan-kawannya sesama astronot.(viva / poenk)

Rabu, 26 Januari 2011

Sudahkah semua PNS mendapat uang makan????

PERATURAN MENTERI KEUANGAN
NOMOR 110/PMK.05/2010
TENTANG
PEMBERIAN DAN TATA CARA PEMBAYARAN UANG MAKAN
BAGI PEGAWAI NEGERI SIPIL
DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA
MENTERI KEUANGAN
 
Menimbang : a. bahwa dalam rangka meningkatkan kinerja Pegawai Negeri Sipil,berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 22/PMK.05/2007 
tentangPemberian Uang Makan Bagi Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 06/PMK.05/2008, selain gaji dan tunjangan lainnya, kepada Pegawai Negeri Sipil diberikan uang makan;
b. bahwa sehubungan dengan adanya perubahan tarif uang makan Pegawai Negeri Sipil yang diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan mengenai Standar Biaya Umum, perlu mengatur kembali pemberian dan tata cara pembayaran uang makan bagi Pegawai Negeri Sipil dalam suatu Peraturan Menteri Keuangan;
c. bahwa berdasarkan pertimbangan sebagaimana dimaksud dalam huruf a dan huruf b, perlu menetapkan Peraturan Menteri Keuangan tentang Pemberian dan Tata Cara Pembayaran Uang Makan Bagi Pegawai Negeri Sipil; 

Mengingat : 1. Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1974 Nomor 55, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3041) sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 1999 Nomor 169, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 3890);

2. Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 47, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4286);
3. Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 5, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4355);
4. Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggung Jawab Keuangan Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 66, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4400);
5. Keputusan Presiden Nomor 42 Tahun 2002 tentang Pedoman Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2002 Nomor 73, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4212), sebagaimana telah diubah dengan Keputusan
Presiden Nomor 72 Tahun 2004 (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2004 Nomor 92, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4418);

6. Keputusan Presiden Nomor 56/P Tahun 2010;
7.Peraturan Menteri Keuangan Nomor 134/PMK.06/2005 tentang Pedoman Pembayaran dalam Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara;
8. Peraturan Menteri Keuangan Nomor 01/PM.2/2009 tentang Standar Biaya Umum Tahun Anggaran 2010;
 
MEMUTUSKAN:
 
Menetapkan : PERATURAN MENTERI KEUANGAN TENTANG PEMBERIAN DAN TATA
CARA PEMBAYARAN UANG MAKAN BAGI PEGAWAI NEGERI SIPIL.

BAB I
KETENTUAN UMUM
Pasal 1
Dalam Peraturan Menteri Keuangan ini yang dimaksud dengan:
1. Pegawai Negeri Sipil, yang selanjutnya disingkat PNS, adalah PegawaiNegeri Sipil sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang Nomor 8 Tahun1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian sebagaimana telah diubah denganUndang-Undang Nomor 43 Tahun 1999, termasuk Calon Pegawai Negeri Sipil yang bertugas di lingkungan Kementerian Negara/Lembaga.
2. Uang Makan adalah uang yang diberikan kepada PNS berdasarkan tarif dan dihitung secara harian untuk keperluan makan PNS.
3. Daftar Perhitungan Uang Makan adalah daftar yang dibuat oleh Petugas Pengelolaan Administrasi Belanja Pegawai (PP ABP) yang ditandatangani oleh Kuasa Pengguna Anggaran/Pejabat Pembuat Komitmen dan Bendahara Pengeluaran yang memuat nama PNS, jumlah kehadiran pada hari-hari kerja selama 1 (satu) bulan, tarif uang makan, dan jumlah uang makan yang diterima PNS.
4. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak, yang selanjutnya disingkat SPTJM, adalah surat yang dibuat oleh Kuasa Pengguna Anggaran/Pejabat Pembuat Komitmen yang memuat pernyataan bahwa seluruh pengeluaran untuk pembayaran uang makan PNS telah dihitung dengan benar dan disertai kesanggupan untuk mengembalikan kepada negara apabila terdapat kelebihan pembayaran.
5. Surat Permintaan Pembayaran, yang selanjutnya disingkat SPP, adalah dokumen yang dibuat/ diterbitkan oleh pejabat uang bertanggung jawab atas pelaksanaan kegiatan dan disampaikan kepada Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran atau pejabat lain yang ditunjuk selaku pemberi kerja untuk selanjutnya diteruskan kepada pejabat Penandatangan SPM berkenaan.
6. Surat Perintah Membayar, yang selanjutnya disingkat SPM, adalah dokumen yang diterbitkan oleh Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Anggaran atau pejabat lain yang ditunjuk untuk mencairkan dana yang bersumber dari Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran atau dokumen lain yang dipersamakan; 7. Surat Perintah Pencairan Dana, yang selanjutnya disebut SP2D, adalah surat perintah yang diterbitkan oleh Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara selaku Kuasa Bendahara Umum Negara untuk pelaksanaan pengeluaran atas beban Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara berdasarkan SPM.
 
BAB II
PEMBERIAN UANG MAKAN
Pasal 2
 
(1) Uang Makan diberikan berdasarkan kehadiran PNS di kantor pada hari kerja dalam 1 (satu) bulan.
(2) Besarnya Uang Makan yang diberikan kepada PNS per hari sesuai tarif yang ditetapkan dalam Peraturan Menteri Keuangan mengenai Standar Biaya Umum.
 
Pasal 3
Uang Makan tidak diberikan kepada PNS dengan ketentuan sebagai berikut:
a. tidak hadir kerja;
b. sedang menjalankan perjalanan dinas;
c. sedang menjalani cuti;
d. sedang menjalani tugas belajar; dan/atau
e. sebab-sebab lain yang mengakibatkan PNS tidak diberikan Uang Makan.
Pasal 4
Uang Makan bagi PNS Pusat/Daerah yang diperbantukan atau dipekerjakan pada instansi di luar satuan kerja induknya dibayarkan oleh satuan kerja tempat PNS tersebut diperbantukan atau dipekerjakan.
 
BAB III
TATA CARA PEMBAYARAN UANG MAKAN
Pasal 5
(1) Uang Makan dibayarkan setiap 1 (satu) bulan yang pembayarannya pada awal bulan berikutnya.
(2) Dikecualikan dari ketentuan sebagaimana dimaksud pada ayat (1), Uang Makan PNS bulan Desember dapat dibayarkan pada bulan berkenaan.

Pasal 6
(1) Permintaan pembayaran Uang Makan PNS dapat diajukan untuk beberapa bulan sekaligus.
(2) Pembayaran Uang Makan PNS dilakukan dengan mekanisme Pembayaran Langsung.
(3) Pembayaran Uang Makan dapat melalui rekening Bendahara Pengeluaran atau langsung ke rekening PNS.
Pasal 7
(1) Terhadap Uang Makan yang dibayarkan kepada PNS Golongan II/d ke bawah tidak dikenakan Pajak Penghasilan (PPh).
(2) Terhadap Uang Makan yang dibayarkan kepada PNS Golongan III/a ke atas dikenakan Pajak Penghasilan (PPh) Pasal 21 dengan tarif sebesar 15% (lima belas per seratus).

Pasal 8
(1) Surat Permintaan Pembayaran Langsung (SPP-LS) Uang Makan untuk penerbitan Surat Perintah Membayar Langsung (SPM-LS) Uang Makan dengan melampirkan:
a. Daftar Perhitungan Uang Makan;
b. Daftar Hadir Kerja;
c. SPTJM; dan
d. Surat Setoran Pajak Penghasilan (SSP PPh) Pasal 21.
(2) Format Daftar Perhitungan Uang Makan adalah sebagaimana ditetapkan Lampiran I yang tidak terpisahkan dari Peraturan Menteri Keuangan ini.
(3) Format SPTJM adalah sebagaimana ditetapkan pada Lampiran II yang tidak
terpisahkan dari Peraturan Menteri Keuangan ini.
(4) Surat Perintah Membayar Langsung (SPM-LS) Uang Makan dibuat dalam rangkap 3 (tiga), dengan peruntukan sebagai berikut:
a. Lembar kesatu dan lembar kedua disampaikan kepada Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara setempat; dan
b. Lembar ketiga sebagai pertinggal pada Satuan Kerja bersangkutan.

Pasal 9
Surat Perintah Membayar Langsung (SPM-LS) Uang Makan diajukan kepada
Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara untuk diterbitkan SP2D dengan
melampirkan:
a. Daftar Perhitungan Uang Makan;
b. SPTJM; dan
c. Surat Setoran Pajak Penghasilan (SSP PPh) Pasal 21.
Pasal 10
(1) SPM-LS untuk kekurangan pembayaran Uang Makan diajukan kepada KPPN
untuk diterbitkan SP2D dengan melampirkan:
a. Daftar Perhitungan Kekurangan Pembayaran Uang Makan;
b. SPTJM; dan
c. Surat Setoran Pajak Penghasilan (SSP PPh) Pasal 21.
(2) Format Daftar Perhitungan Kekurangan Pembayaran Uang Makan adalah
sebagaimana ditetapkan pada Lampiran III yang tidak terpisahkan dari
Peraturan Menteri Keuangan ini.
BAB IV
KETENTUAN LAIN-LAIN
Pasal 11
(1) Apabila pagu anggaran untuk Uang Makan PNS tersebut tidak disediakan
atau tidak cukup tersedia pada Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran, satuan
kerja dapat merevisi Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran sesuai ketentuan
peraturan perundang-undangan.
(2) Pegawai Negeri Sipil yang belum dibayarkan Uang Makan pada tahun anggaran yang lalu dapat dibayarkan pada tahun anggaran berikutnya sepanjang dananya tersedia dalam Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran satuan kerja bersangkutan.
 
BAB V
KETENTUAN PENUTUP
Pasal 12
Pada saat Peraturan Menteri Keuangan ini mulai berlaku, Peraturan Menteri Keuangan Nomor 22/PMK.05/2007 tentang Pemberian Uang Makan Bagi Pegawai Negeri Sipil sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 06/PMK.05/2008 dan peraturan pelaksanaannya, dicabut dan
dinyatakan tidak berlaku.

Pasal 13
Peraturan Menteri Keuangan ini mulai berlaku pada tanggal 1 Januari 2010. Agar setiap orang mengetahuinya, memerintahkan pengundangan Peraturan Menteri Keuangan ini dengan penempatannya dalam Berita Negara Republik Indonesia.

Ditetapkan di Jakarta
pada tanggal 7 Juni 2010
MENTERI KEUANGAN,
AGUS D.W. MARTOWARDOJO
Diundangkan di Jakarta
pada tanggal 7 Juni 2010
MENTERI HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA,
PATRIALIS AKBAR
BERITA NEGARA REPUBLIK INDONESIA TAHUN 2010 NOMOR 270

Selasa, 25 Januari 2011

Crop Circle di Sleman




Kabarkongo. Mengapa semua orang ribut dengan fenomena Crop Circle? 
Percaya atau tidak itu memang terjadi. Yang jelas itu tak mungkin dibuat oleh orang Indonesia. Apalagi orang Sleman  yan petani. Mereka tak mungkin akan membuat sensasi yang tak menghasilkan apa-apa?

"Mereka bilang, nggak mungkin itu dibuat oleh manusia. Soalnya itu rapi sekali," kata Kapolsek Berbah AKP I Made Muliawan saat berbincang dengan detikcom, Senin (24/1/2011).

Dugaan itu diperkuat dengan pengakuan para petani yang tidak melihat kegiatan mencurigakan di atas lahan tersebut. "Tidak ada keterangan yang menyebutkan, melihat ada orang melakukan hal-hal aneh di sawah itu," katanya.

Bahkan, salah satu pemilik lahan yang tinggal tidak jauh dari sawah mengaku mendengar suara bising pada malam hari sebelum simbol tersebut ditemukan. Suara tersebut mirip suara pesawat.

"Malam hari ada yang bilang mendengar suara seperti pesawat turun, terus paginya dia melihat di sawahnya ada ini," kata Muliawan.

Namun bulatan yang disebut-sebut jejak 'UFO' itu tetap menjadi misteri. Saat ini, Murliawan hanya sebatas memastikan lokasi itu tidak didekati oleh orang-orang yang terus berduyun-duyun menonton.

"Kita amankan lokasi, kita pasang police line karena takut nanti rusak. Apalagi, kanan kiri kan padi yang siap panen, nanti kalau diinjak-injak, kan makin merugikan petani," kata Muliawan. Padi ditanam di persawahan itu adalah varietas ciherang yang dua pekan lagi akan dipanen.

Seperti diberitakan, sebuah lingkaran menyerupai crop circle terbentuk di atas areal lahan persawahan di Dusun Jogomangsar, Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Sleman, Yogyakarta.

Lingkaran 'UFO' yang dikenal sebagai crop circle ini menghebohkan warga sejak Minggu kemarin. Mereka heran melihat lingkaran simetris di sawah milik Ngadiran dkk, padahal lingkaran itu belum ada pada Sabtu (22/1) lalu.

Lingkaran itu terbentuk karena posisi padi rebah berputar ke arah kanan. Padi yang masih berdiri setinggi sekitar 60-70 cm, sedangkan yang rebah setinggi sekitar 50 cm. Lingkaran itu hingga kini masih misterius. Sejumlah ahli percaya crop circle itu buatan manusia. detik(poenk)

Rabu, 19 Januari 2011

Jangan Sampai seperti Romawi-Kejayaan Runtuh Akibat Perubahan Iklim

Akibat adanya pemanasan global, iklim sekarang ini tidak dapat diprediksi. Musim kemarau pun musim penghujan tak lagi bisa dipastikan. Bulan yang panas tak lagi panas kadang turun hujan. Demikian sebaliknya, di musim penghujan yang biasanya Desember.. juga tak dapat dipastikan. 
Apalagi masalah angin,  angin bisa saja berubah arah.. Angin puting beliung melanda daerah-daerah yang dulu tak pernah ketamuan. Sekarang hampir dapat dipastikan mereka akan kebagian angin yang bersuara menderu-nderu menerbangkan segala sesuatu yang menghalagi. Banjirpun bukan main-main. Banjir tak hanya berupa air bah. namun membawa material seadanya. Wow.. ada apa ini? Duni asudah tak lagi bersahabat.

Negeri ini sedang berduka, sambung menyambung bencana datang. Tak ada kesempatan untuk membangun yang ada hanyalah memperbaiki lagi yang rusak.. Mestinya masyarakatpun harus tahu. Tak hanya berkoar-koar dengan ketidak berhasilan pemerintah.
   
Ingat Sejarah tertulis tentang runtuhnya kekaisaran Romawi cukup beragam. Ada yang mengatakan imperium raksasa Eropa itu runtuh karena Kaisar Valens kalah pada pertempuran Adrianople pada tahun 378. Ada pula yang menganggap kematian Theodosius I, kaisar terakhir, sebagai akhir dari Kekaisaran Romawi yang tunggal. Sebab, sejak saat itu, kekuasaannya dibagi pada dua anaknya, Arcadius dan Honorius. Tapi sebuah penelitian ilmiah berkata lain. Sejumlah peneliti mempelajari lingkaran pohon untuk menguak dampak ketidakstabilan pola iklim. Temuannya cukup mengejutkan. Sejumlah rahasia masa silam justru terkuak, termasuk runtuhnya Kekaisaran Romawi.

Para peneliti menemukan periode hangat, dan cuaca basah diasosiasikan dengan kesejahteraan. Sementara periode kering, dan kondisi semacamnya selalu terjadi di tengah kekacauan politik, seperti runtuhnya Romawi dan Perang 30 Tahun.

Peneliti merekonstruksikan sejarah iklim musim panas Eropa pada 2.500 tahun silam, dengan menggunakan artefak kayu yang diobservasi. Hasil penelitian mereka didasarkan pada pengukuran lingkaran pohon dari sub-fosil, ornamen arkeologi, dan sampel pohon hidup di wilayah Jerman, Prancis, Italia, dan Austria.

"Peningkatan aktivitas perubahan iklim dalam kurun tahun 250-600 Masehi bertepatan runtuhnya Kekaisaran Romawi Barat, dan masa gejolak migrasi besar-besaran," kata peneliti dalam website jurnal Science, yang dikutip VIVAnews dari Telegraph, Rabu 19 Januari 2011.

"Masa kering di abad ketiga bertepatan dengan masa krisis dalam tubuh Kekaisaran Romawi Barat, ditandai dengan invasi barbar, kekacauan politik, dan dislokasi ekonomi di beberapa propinsi Gaul," tulis peneliti.

Buntgen, salah satu peneliti, berharap jika temuan ini dapat menjadi peringatan bagi penduduk dunia agar lebih waspada terhadap model perubahan iklim yang bisa mempengaruhi hubungan sosial.

"Hasil kami akan mengingatkan kita semua agar lebih waspada sekaligus menyadarkan kita bahwa peradaban modern tidak imun dari perubahan iklim," kata Buntgen.

Tank tembus pandang milik Inggris

Perang di masa depan bakal makin menantang. Tak hanya senjata yang makin mematikan, perkembangan teknologi militer membuat apa yang dulu dianggap tak mungkin, jadi nyata.

Tank lapis baja dan pesawat tembus pandang, bahkan mungkin tentara tak kasat mata, segera dikirim ke medan perang.

Perusahaan senjata Inggris, BAE System saat ini sedang mengembangkan kendaraan perang dengan menggunakan teknologi khusus yang disebut "e-camouflage" yang akan menyebarkan semacam 'tinta elektronik' untuk membuatnya tak terlihat.

Bagaimana cara kerjanya? Seperti dimuat situs Telegraph, Rabu 19 Januari 2011, sensor elektronik canggih yang dilekatkan pada lambung tank akan memproyeksikan gambar dari lingkungan sekitar di bagian luar kendaraan.

Kamuflase elektronik ini memungkinkan kendaraan perang menyatu dengan lingkungan sekitar, seperti cumi-cumi yang menggunakan tintanya sebagai kedok.

Tak seperti kamuflase konvensional, gambar pada lambung akan menyesuaikan dengan lingkungan yang berubah, menjamin bahwa kendaraan selalu dalam kondisi menyamar.

BAE System bekerja sama dengan perusahaan Swedia yang tidak disebutkan namanya yang mencipyakan  teknologi serupa ke layar e-ink di pembaca buku digital seperti Amazon Kindle dan Sony Reader.

BAE mengharapkan teknologi baru ini akan bisa digunakan digunakan di medan perang di selatan Afghanistan dan lokasi konflik di masa depan, setidaknya lima tahun mendatang.

Prototipe kendaraan ini akan dibuat dalam waktu empat tahun dan akan menjalani eksperimen operasional pada 2013.

Tank tembus pandang ini relatif ringan yakin memiliki berat 30 ton, berbahan bakar listrik. Meski demikian ia tak tak kalah tangguh dari tank lain yang saat ini berada di garis depan pertempuran.

Bentuknya yang lebih kecil juga untuk penghematan bahan bakar. Bandingkan dengan tank yang digunakan Inggris saat ini, Challenger 2, beratnya 62,5 ton, dan dijalankan dengan mesin diesel 1.200 hp V12.
Menciptakan kendaraan yang tak tergantung bahan bakar punya arti penting. Selain mahal, saat ini,  bahan bakar yang digunakan oleh pasukan NATO dibawa ke medan perang dengan cara konvoi melalui jalanan yang sering jadi sasaran militan.

Konsep kendaraan tembus pandang dikembangkan sebagai bagian dari program Future Protected Vehicle, yang diyakini akan mengubah cara berperang di masa depan.

Program ini terdiri dari tujuh kendaraan militer berbeda, berawak atau tanpa awak, yang dilengkapi senjata, baik mematikan maupun tak mematikan.

Kendaraan tak berawak atau robot medan perang ditujukan untuk melakukan misi berbahaya di daerah musuh, membersihkan ladang ranjau, menyelamatkan tentara yang terluka di tengah peperangan.

Para ilmuwan juga sedang mengembangkan integrasi biometrik dengan algoritma canggih yang berguna mendeteksi potensi ancaman dari pembom bunuh diri dengan menganalisa perilaku yang mencurigakan dalam kelompok atau perorangan.

Pemindai elektronik akan mencari perilaku yang mencurigakan, pakaian yang tidak pantas, atau individu pada daftar. Caranya, melalui identifikasi wajah atau iris mata.

Pengumuman Tenaga Honorer / Guru Kab Malang

PENGUMUMAN TENAGA HONORER  KATEGORI 2

BERDASARKAN SURAT EDARAN MENTERI NEGARA PENDAYAGUNAAN APARATUR NEGARA DAN REFORMASI BIROKRASI NO. 5 TAHUN 2010
PEMERINTAH KABUPATEN MALANG

Daftar Pemetaan Tenaga Honorer Kabupaten Malang yang masuk data base terdiri dari ::
1. Tenaga Teknis
2. Tenaga Kesehatan
3. Tenaga Guru

Data lengkap nya dapat didownload n dilihat di sini
Catatan :
• Apabila terdapat kesalahan atau ketidaksesuaian data dengan kondisi riil dapat melaporkan melalui SKPD yang bersangkutan untuk mendapatkan klarifikasi kebenarannya, selanjutnya SKPD secara tertulis dan kolektif melaporkan data koreksi kepada Tim Pendataan Tenaga Honorer Kabupaten Malang c.q BKD Kabupaten Malang paling lambat tanggal 24 Januari 2011 pada jam dinas. Khusus untuk Kecamatan Kepanjen dan sekitarnya, pembetulan data dilaksanakan di SMP Negeri 4 Kepanjen

Senin, 17 Januari 2011

Ikan Lele Raksasa pemangsa Manusia

Kabarkongo.com --Kisah ini berawal sejak tahun 1998 hingga 2007, tiga orang lenyap tenggelam mendadak di Great Kali River, sungai yang melintang di perbatasan antara Nepal dan India utara. Hal ini sangat aneh karena kawasan itu bukanlah habitat buaya dan predator air lain.

Terakhir, dari saksi mata yang melihat kejadian, seorang anak terlihat diseret ke dalam air oleh sesuatu yang tampak seperti babi berukuran panjang. Setelah itu, korban tidak pernah terlihat lagi, hidup atau mati. Demikian pula sisa-sisa tubuh ataupun pakaiannya.

Kasus-kasus itu memicu Jeremy Wade, biolog asal Inggris untuk mengamati apa yang ada di dalam sungai tersebut. Pasalnya, serangan hanya terjadi di kawasan tertentu, sepanjang sekitar 6 sampai 8 kilometer. Kawasan itu, menurut keterangan penduduk, merupakan kawasan di mana mereka biasa melarungkan jasad saudara-saudara mereka yang telah meninggal setelah dibakar.

Setelah meneliti menggunakan alat pengukur kedalaman, ia memastikan tidak ada lubang ditemukan, artinya serangan tidak diakibatkan oleh turbulensi yang terjadi di air.

Benar saja, tak lama setelah itu, dari jarak sekitar 1 kilometer dari serangan terakhir, seekor kerbau yang sedang minum di sungai yang hanya memiliki kedalaman 1 meter diserang dan diseret oleh sesuatu dari dalam air.

“Apapun yang mampu menyeret kerbau sebesar itu pasti memiliki ukuran dan bobot seberat 90 sampai 140 kilogram,” ucap Wade, seperti dikutip dari Discovery, 29 Desember 2010.

Dalam penelitian bawah air, Wade menemukan goonch catfish, serupa ikan lele yang memiliki panjang satu meter. Namun ikan itu gagal ditangkap. Penelitian lebih lanjut, diketahui bahwa terdapat beberapa kelompok goonch dan enam di antaranya berukuran sebesar manusia. (viva news.com/po3nk)

Minggu, 16 Januari 2011

Liput bareng Kabarkongo.com dan mestimoco.com di acara Jumpa Fans Kotak Band

BUDAYA : Jumpa Fans KOTAK

Kabarkongo.com -- Siang hari setelah Kepanjen diguyur hujan, jam setengah dua "Band Kotak" yang di tanggap civitas SMAISAKA datang ke sekolah ini untuk acara Jumpa Fans.
Acara yang ditunggu-tunggu para muda usia ini berjalan dengan meriah, saat kedatangan empat personal band "Tantri Syalindri Ichlasari (Tantri), Swasti Sabdastantri (Chua), Mario Marcella (Cella) dan si tukang gebug Posan Tobing (Posan)" diiringi teriakan histeris dari fans mereka.
Dalam acara yang hiruk pikuk, karena ruangan aula SMAISAKA yang tak mampu meredam histeria siwa-siswinya menyambut personal band ini dilakukan sesi tanya jawab.
Acara yang dipandu oleh salah satu siswi memberikan beberapa kesempatan pada rekan rekannya untuk bertanya jawab; 
Untuk pertanyaan Lagu apa yang akan digunakan pada video clip mereka yang terbaru, Tantri menjawab lagu yang sifatnya lebih ngerock; 
Maulidia menanyakan apakah setelah Kotak Raih "Adegan Video Klip Paling Seru" di INBOX AWARDS 2010 Tantri akan main Film. Dia katakan jawabannya akan membuat kalian berteriak lagi, dan jawabannya adalah "Main Film kalau pemeran prianya Vino Bastian" jawabannya membuat gemuruh gedung aula;
Untuk masalah konsentrasi jenis musik Kotak akan membawakan musik yang berirama Rock ke arah pop arau disebut Cella dengan Rock Industrial;
Pertanyaan dari Infokepanjen.com tentang mengapa diberi nama Kotak, bukan Bunder atau bulat dan lonjong dijawab Posan bahwa "Nama Kotak memiliki arti empat sisi dan empat sudut yang bersatu menjadi bangunan kotak. Hal itu menggambarkan tentang empat orang yang berbeda tetapi bersatu dalam satu wadah musik"


 Acara berakhir setelah Kotak Band mengadakan jumpa fans sekitar 30 menit-an dan selanjutnya mereka beristirahat untuk memulihkan stamina guna persiapan nanti malam (H20/poenk)

Sabtu, 15 Januari 2011

Persiapan akhir pensi 25 th Smaisaka

Kedatangan Kotak Band
Kabarkongo.com -- Kegiatan gelar seni / pentas seni dengan tema " New Era 25 th of School Model"  dalam rangka HUT Smaisaka ke 25 dengan menghadirkan bintang tamu Kotak Band sudah 95 %. Mulai pagi tadi semua panitia mempersiapkan diri dengan menempati pos yang telah dibagi. Ada yang bagian melayani penjualan dan penukaran ticket. Ada yang siap menyongsong jumpa fans.Serta persiapan kelengkapan yang lain. 

Jika informasi semula personil Kotak band seusai mendarat di Bandara Abd Rahman Shaleh katanya mau angsung ke SMA Islam Kepanjen. Dan tidak mau di ajak makan siang dahulu, nyatanya rencana bisa berubah. Karena pihak sponsor Redmill , berkeinginan personil Kotak bisa mampir ke mess pabrik rokok yang berada di belakang SMA Islam Kepanjen. Sehingga kalau informasi awal jumpa fans akan dilaksanakan pukul 10.00 WIB. Akhirnya kegiatan jumpa fans baru dilaksanakan pukul 13.00 WIB. dilaksanakan di Aula lantai III SMA Islam Kepanjen. 

Kegiatan jumpa fans ini ternyata mendapat sambutan yang hangat dari kotak mania yang sudah menunggu agak lama. Hampir dipastikan semua yang hadir mengabadikan kegiatan yang langka ini. Kenapa langka karena jelas ndak mungkin lagi mendatangkan Kotak band ke SMAISAKA. Kalaupun masih mengundang group Band lagi pasti band nya berbeda. 

Pada acara jumpa Fans ini beberapa peserta diberi kesempatan untuk bertanya kepada para personil Band Kotak. Termasuk salah satu Tim infokepanjen.com yang bertanya kenapa kok menamakan Band Kotak, kok gak bundar atau yang lain.
" Kotak itu kan persegi dengan 4 sisi yang berlainan, dan personil band ini juga demikian. Termasuk daerah asal ke 4 personilnya.".
Setelah selesai jumpa fans, semua personil Kotak kembali dibawa ke Mess Redmill dan selanjutnya kembali ke hotel Grand Palace Malang. Dan nanti malam akan kembali lagi dijemput untuk tampil memeriahkan Pensi SMA Islam kepanjen.


Jumat, 14 Januari 2011

Schedule Pentas Seni dengan bintang tamu Kotak Band


lomba tari tradisional
Kabarkongo.com -- Hari Sabtu besok, 15 Januari 2011, KOTAKsudah tampil di SMA Islam Kepanjen. Grup Band Ibukota ini siap menghentak SMA Islam Kepanjen untuk memberikan hiburan bagi masyarakat Kepanjen umumnya dan Keluarga besar SMA Islam Kepanjen khususnya.
Mereka akan tampil disela-sela acara penampilan siswa-siswi SMA Islam Kepanjen. Di antara penampilan siswa-siswi SMA Islam Kepanjen adalah mereka-mereka yang menjadi juara dalam lomba perayaan HUT SMA Islam Kepanjen pada tanggal 1 Oktober tahun lalu, antara lain MG, Paduan Suara, tari Tradisional, Operet dan Band sekolah.
Penanggungjawab Ticket
Sampai hari ini, Jum'at, 14 Januari 2011, Pemesanan Tiket masih tersedia di Kantor SMA Islam Kepanjen.

Pak Pri, selaku Koordinator Penjualan Tiket mengaku masih siap melayani pemesanan Tiket bahkan hingga Hari-H besok menjelang Konser berlangsung. Bagi penonton yang sekarang masih memegang ticket sementara diharapkan besok Sabtu mulai jam 12.00 WIB. bisa menukarkan dengan Ticket masuk yang asli.

Diharapkan bagi yang ingin membeli Tiket KOTAK Live in Concert ini segera datang ke Kantor SMA Islam Kepanjen di Jl. Diponegoro, Ardirejo (Bangsri) Kepanjen.

Harga masih tetap Rp 15.000,-. Segera pesan sekarang juga sebelum kehabisan. (R3Y)

Kamis, 13 Januari 2011

Kelulusan Ujian Nasional 2011 / POS UN 2011

Dunia pendidikan di Indonesia memang beda dengan dunia pendidikan di US, Inggris, Perancis ataupun dunia pendidikan Internasional. Demikian pula dengan kriteia kelulusannya. Dari tahun ke tahun pun kriteria kelulusan sering kali ada perubahan. Semua ini bertujuan untuk peningkatan dunia pendidikan di Indonesia.

KRITERIA KELULUSAN UJIAN NASIONAL 2011

1. Peserta didik dinyatakan lulus US/M SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, dan SMK apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai S/M.
2. Nilai S/M sebagaimana dimaksud pada nomor 1 diperoleh dari gabungan antara nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 1, 2, 3, 4, dan 5 untuk SMP/MTs dan SMPLB dengan pembobotan 60% untuk nilai US/M dan 40% untuk nilai rata-rata rapor.
3. Nilai S/M sebagaimana dimaksud pada nomor 1 diperoleh dari gabungan antara nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 3, 4, dan 5 untuk SMA/MA, SMALB dan SMK dengan pembobotan 60% untuk nilai US/M dan 40% untuk nilai rata-rata rapor.
4. Kelulusan peserta didik dari UN ditentukan berdasarkan NA.
5. NA sebagaimana dimaksud pada butir nomor 4 diperoleh dari gabungan Nilai S/M dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dengan Nilai UN, dengan pembobotan 40% untuk Nilai S/M dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan 60% untuk Nilai UN.
6. Skala yang digunakan pada nilai S/M, nilai rapor dan nilai akhir adalah nol sampai sepuluh.
7. Pembulatan nilai gabungan nilai S/M dan nilai rapor dinyatakan dalam bentuk dua decimal, apabila decimal ketiga ≥ 5 maka dibulatkan ke atas.
8. Pembulatan nilai akhir dinyatakan dalam bentuk satu decimal, apabila decimal kedua ≥ 5 maka dibulatkan ke atas.
9. Peserta didik dinyatakan lulus UN apabila nilai rata-rata dari semua NA sebagaimana dimaksud pada butir nomor 5 mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol).
10. Kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan ditetapkan oleh setiap satuan pendidikan melalui rapat dewan guru berdasarkan kriteria kelulusan sebagaimana dimaksud pada VI.

Bagi Anda yang ingin memperoleh POS UN 2011 dan SKL / Kisi-kisi UN 2011 secara lengkap bisa Download di sini 

Kisahe wong ider susu nasional

Crito iki tak bagi marang pepadhan. Karepku mung siji. Ben lelakon kang dialami Pak Pon bisa kanggo eling-eling wong liyo. Jalare wong urip ki ora podho. Ono sing kuat nandhang sugih. Nanging ono sing ra kuat.
Di awali soko guyon pari keno. Pak Pon sing penggaweyane ider susu Cap Nasional mampir sarapan ing warung "sak anane" gek  ngarep SMA Islam Kepanjen.

Omong-omong omplong, aku takon marang dheweke, asale produk susu kuwi saka ngendi. Jarene saka Sragen. Teruse dak takoni yen pak Pon kuwi mau asal-usule Ngayogyakarto. Pas umur 3 tahun diajak pindanh nang Semarang pas bapake kerjo dadi Polisi Hutan ing Semarang nganti sak sedane Bapake. Critane maneh, pas sik usia SMP kelas siji, Pak Pon kuwi wis duwe anak buah. Kabehe papat usaha batu pecah. 

Crito suwene crito, Pak Pon sempat meranto nang Kalimantan. Usaha sing ditekuni yaiku dadi agen Es Walls. Hasile usaha ing Kalimantan wis iso di nggo urip mulyo. Ora nganti 2 tahun usahane wis gedhe. Opo sing dikepingini keturutan. Nangin ono siji sing durung. Yaiku ora kagungan putro. Karo sisihane Pak Pon sempat di kongkon rabi maneh. Nanging Pak Pon koyoke nrimo banget marang kahanan tanpa putro. 

Nanging sing Maha Kuwasa kayake duwe pesten seje. Usahane Pak Pon kang wis maju lan dadi dalane urip mulya ing tempo ra suwe muspro. Omahe Pak Pon diobong karo anak buahe entek babar blas. Kajaba kuwi, ono maneh coban sing Kuwasa, nalika Pak Pon karo bojone numpak sepeda ketabrak mobil sing nganti dadekno patine bojone.Ngrongoke crito koyo mengkono atiku dadi mak nyus.. mbayangke piye ngadepi coban kang gedhe. Untunge, Pak Pon kuat nandang brontho.. urip sengsara, ngrumangsani nek ora kuat dadi wong sugih. masiyo biyen pas bapake sik ono sembarang iso keturutan. Nek kancane sangu sekolah mung 100 repes, Pak Pon wis sangu 500 repes.

Sak wise nglakoni urip ing Kalimantan kang akeh liku-likune. Pak Pon nyoba ngranto nang Malang. Tanpa sisihan dheweke ngayahi penggawean loper susu Nasional karo nggowo sepeda onthel. Karo ngudhut rokok surya ku, Pak Pon tak selani omongan " Tapi kan wis tahu sugih mas?"
" Yo durung pak sik kate sugih, sempat wis nganyang innova anyar sik rego Rp 182 yuto, nanging durung keturutan."

Nek nyimpulne crito candhake, dulur-dulur pak Pon kang cacahe kari 10 teko 12 dulur. Akeh sing podho berhasil ing Ngayogyakarto.  Saben tahun iso ngadhakno reuni keluarga. Nanging Pak Pon dhewe isih semoyo amargo ngrumangsani dadi wong gelandangan gek Malang. Nanging deweke ora gelem yen ono dulure sing mbyantu ngrintis usaha maneh. 
Lha, iki mung crito lho yo. mugo-mugo iso dadi tepa tuladha marang lelakoning urip. Dongaku marang Pak Pon  sing mung ketemu sak kelemetan mugya bisa dadi wong kang migunani. Sabar nandhang kasengsaran. Ning cepet bisa ngundhuh pakarti. Amien. 
 



Senin, 10 Januari 2011

Piala bergilir menjadi milik SMPN 1 Ngajum ( Juara 3 kali berturut )

Malang-Kabarkongo.com
Turnamen bola voli tingkat SMP/M.Ts. ( putri )  yang diadakan setiap tahun oleh SMK Negeri 1 Turen telah berakhir pada tanggal 6 Januari 2011 lalu. Untuk ketiga kalinya secara berturut-turut SMP Negeri 1 Ngajum  menyabet juara  I (satu) setelah mengandaskan perlawanan seru dari SMP Negeri 2 Bululawang. Secara permainan memang berimbang ini bisa dilihat dari skor pertandingan (3-1) untuk SMP Negeri 1 Ngajum. Nilainya pun sangat berimbang ( 25-23 ; 26-24 ; 11- 26 ; 25 - 19).

Pada turnamen ini, Team SMP Negeri 1 Ngajum memang bertekad untuk memenangi pertandingan dan meraih juara I (satu) kembali. Karena menurut peraturan jika suatu team bisa merebut juara 3 kali berturut turut. Maka Piala bergilir yang diperebutkan menjadi piala tetap dan tidak diperebutkan kembali. Artinya untuk turnamen tahun depan panitia harus menyediakan laga piala bergilir.

Ternyata, pada turnamen kali ini pihak penyelenggara juga mengundang Camat Turen untuk ikut menyaksikan pertandingan final dan penyerahan hadiah. Dan rupanya bapak Camat Turen memberikan apresiasi terhadap turnamen ini. Beliaupun  berkenan memberikan tambahan piala kepada para juara. Sehingga piala yang dibawa oleh SMP Negeri 1 Ngajum berjumlah 3 (tiga) buah. yaitu : 1) Piala juara I dari SMKN 1 Turen , 2) Piala Juara I dari Camat Turen dan 3) Piala bergilir besar dalam kotak kaca serta uang pembinaan.
Semoga prestasi ini bisa lebih meningkatkan prestasi non akademik siswa putri dan bisa merangsang prestasi bolavoli kelompok putra. Selamat kepada SMP Negeri 1 Ngajum dan para pemain atas prestasi yang telah diraih.





Juara Story Telling di SMA Negeri 1 Gondanglegi

Selain prestasi non akademik di cabang bola voli. SMP Negeri 1 Ngajum juga mengirimkan wakilnya dalam lomba Story telling ( bercerita dalam bahasa Inggris ) yang dilaksanakan   oleh SMA Negeri 1 Gondanglegi dalam rangka perayaan HUTnya pada bulan ini.  Dengan dibina oleh Ibu  Nurwidayati,S.Pd. (pembina Ekstra Bahasa Inggris ) SMPN 1 Ngajum mengirimkan wakilnya  atas nama Rohmad Karyadi kelas 8 (delapan). 
Di kegiatan lomba yang diikuti oleh 22 peserta dari siswa-siswi SMP/M.Ts. se Malang Raya. Rohmad berhak menyandang piala juara I (satu) dan berhak juga atas uang pembinaan. 

Menurut Bu Wid, sebagaimana panggilannya sehari-hari di sekolah, perlombaan kali ini sangat memuaskan. "Bagus dan memuaskan, karena Team jurinya bukan orang dalam SMA Negeri 1 Gondanglegi, tetapi mendatangkan Team juri dari UMM"  jawab Bu Wid saat reporter tanya kesan-kesannya terhadap lomba Story telling  kali ini.

" Kalau dulu kan pemenangnya siapa yang memakai costum yang bagus , baru bisa jadi pemenang.  Dan kalau sekarang  semua tidak pakai costum. Jadi murni kecakapan peserta dalam bercerita dan benar tidaknya cara pengucapan bahasa Inggrisnya.", sambungnya.

Masih kata bu Wid pula, SMPN 1 Ngajum telah berapa kali mengirimkan peserta lomba Story telling di lomba-lomba yang diadakan oleh sekolah setingkat SMA. Namun baru kali ini meraih Juara I ( pertama ). Nah, ternyata meskipun SMPN 1 Ngajum ini boleh dikatakan berlokasi di desa. Ternyata baik prestasi akademik maupun non akademiknya bisa bersaing dengan sekolah-sekolah yang di kota. (admin)
 

Minggu, 09 Januari 2011

Terbaru tentang UN 2011 (permen 45 - 46) 2010

Setelah ditunggu-tunggu akhirnya turunnya juga Permen No. 45 dan No. 46 tahun 2010 yang mengatur tentang Ujian Nasional. Secara garis besar aturannya adalah sebagai berikut :

  1. Tidak ada Ujian Ulang
  2. Ujian Sekolah dilaksanakan sebelum Ujian Nasional
  3. Jadwal pelaksanaan Ujian Nasional SMP/MTS mulai 25 April
  4. Sekolah mengirim nilai sekolah, baik mapel UN maupun mapel yang tidak di-UN-kan ke pusat.Kriteria kelulusan UN mengikutsertakan nilai sekolah.
  5. Nilai sekolah harus sudah diterima pusat satu minggu sebelum UN
  6. KRITERIA KELULUSAN UN
  • menyelesaikan seluruh program pembelajaran
  • memperoleh nilai minimal baik pada penilaian akhir untuk seluruh mata pelajaran yang terdiri atas kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia, kelompok mata pelajaran kewarganegaraan dan kepribadian, kelompok mata pelajaran estetika, dan  kelompok mata pelajaran jasmani, olah raga, dan kesehatan
  • lulus US untuk kelompok mata pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi; dan
  • lulus UN
  • Peserta didik dinyatakan lulus US/M SMP/MTs, SMPLB, SMA/MA, SMALB, dan SMK apabila peserta didik telah memenuhi kriteria kelulusan yang ditetapkan oleh satuan pendidikan berdasarkan perolehan Nilai S/M
  • Nilai S/M diperoleh dari gabungan antara nilai US/M dan nilai rata-rata rapor semester 1, 2, 3, 4, dan semester 5 untuk SMP/MTs dan SMPLB dengan pembobotan 60% (enam puluh persen) untuk nilai US/M dan 40% (empat puluh persen) untuk nilai rata-rata rapor
  • Kelulusan peserta didik dalam UN ditentukan berdasarkan NA
  • NA diperoleh dari nilai gabungan antara Nilai S/M dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan Nilai UN, dengan pembobotan 40% (empat puluh persen) untuk Nilai S/M dari mata pelajaran yang diujinasionalkan dan 60% (enam puluh persen) untuk Nilai UN
  • Peserta didik dinyatakan lulus UN apabila nilai rata-rata dari semua NA  mencapai paling rendah 5,5 (lima koma lima) dan nilai setiap mata pelajaran paling rendah 4,0 (empat koma nol)
  •  

http://www.ziddu.com/download/13315123/UN2011_Lampiran_Permen46.rar.html

Sambung rasa dengan mantan guru SMAISAKA

Kabarkongo.com - Kegiatan dalam rangka mengenang, merangkai benang merah yang pernah terjalin antara SMA Islam Kepanjen dengan pengurus yayasan, pendiri SMA Islam, mantan guru yang sudah pindah mengajar dilaksanakan pada hari Jumat-Sabtu, 7-8 Januari 2011. Kegiatan dilaksanakan di Hotel Selecta Kota Batu.
Kegiatan sambung rasa ini diikuti kurang lebih 70 an peserta.



Hadir dalam kegiatan ini selain guru pengajar aktif,  antara lain; 
1. Ir. Lalu Abdul Manan ( mantan KS pertama - Tulungagung)
2. Pudianto, M.Si. ( KS SMANEKA - Sekmen Diknas Kab. Malang)
3. Drs. Sampir,M.Si.  ( Pengawas Pendidikan Kota Malang )
4. Drs. Agus Sungkono ( Guru SMAN Kepanjen)
5. Moh Kholil ( Kepala SMPNU Kepanjen)
6. Drs. Akip Effendy ( Guru SMAN Banyuwangi )
8. Rubinem ( Kepanjen )
9. Sulkan Mustanan ( Mantan Plt KS n sekarang anggota KPK)
10. Tyas (Pandaan )
11. Gianto ( Guru SMPN 2 Pagak )
12. Priyo Santoso ( Kepala SD NU Kepanjen) bersama istri
13. Farid Fauzi ( mantan Kepala MI-IMAMI Kepanjen)
14. Erkik ( mantan guru Seni Budaya ).
15.  6 orang pengurus Yayasan dan masih ada yang lain.

Secara ringkas saya paparkan proses dan kegiatan yang dilaksanakan dalam acara sambung rasa ini :

Hari Pertama 
Setelah berangkat dari  sekolah dengan menggunaka 9 kendaraan dan beberapa peserta membawa motor. Checking hotel dengan pembagian kamar dilaksanakan hingga jam 15.00 WIB. Di saat senggang menunggu kegiatan yang akan dibuka pukul 16.00 WIB. Bapak Erkik (manatan guru seni) memberikan hiburan electon dengan beberapa orang penyanyi dari dewan guru. Di kesempatan ini banyak guru yang bercengkerama dengan teman sejawatnya yang dulu pernah mengabdi bersama di SMA Islam Kepanjen. Pokoknya acaranya gayeng banget.

Barulah pada pukul 16.00 WIB, acara pembukaan diawali dengan sambutan dari Kepala Sekolah Drs. H. Musoli Haris. Pada kesempatan kedua yang menyampaiakn sambutan adalah Ir. lalu Abdul Manan ( pendiri SMAI  saat bekerja di proyek Sengguruh dan dipindah tugaskan memimpin pembangunan proyek PLTA di Tulungagung. Ir. Lalu banyak menyampaikan riwayat bagaimana mendirikan sekolah dengan berlandaskan keikhlasan. Pada sambutan terakhir diberikan kesempatan kepada H. Moch. Munir selaku Ketua YPI Hasyim Asyari yang menaungi SMA Islam Kepanjen.

Setelah di cut dengan sholat Magrib dan makan malam, kegiatan dilanjutkan dengan penyajian / pemaparan Bagaimana  Sekolah Model, mau dibawa kemana model SMA Islam Kepanjen ini. Materi ini disampaikan oleh Prof.Dr. Wahyudi Siswanto,M.Pd  yang juga guru besar FPBS Universitas Negeri Malang. Banyak hal positif yang disampakan oleh Profesor yang berperawakan kecil ini. Beberapa contoh model yang dikembangkan dipaparkan di sini. Di antaranya contoh-contoh kegiatan sekolah MI Al.Ikhlas yang didirikan oleh beliau. 

Setelah pemaparan barulah dilaksanakan tanya jawab / sharing yang dipimpin oleh moderator Ibu Dewi Kartika yang sekarang merangkap sebagai Dosen Bahasa Jerman UM.  Beberapa peserta yang mengajukan pertanyaanpun bukan main-main. Bapak Agus Tommy .M.Pd. Orkes ( Dosen Olahraga UM) dan Drs. Priyo Santoso ikut menghangatkan suasana.

Pada acara diskusi panel yang kedua, pembicaranya adalah Bapak. Pudianto,M.Si. Beliau pernah mengajar Geografi di SMA Islam Kepanjen dan terpakasa melepas SMA Islam Kepanjen saat dipromosikan sebagai Kepala SMAN Pagak, pindah SMAN Gondanglegi dan baru saja dilantik menjadi Kepala SMAN Kepanjen. Namun belum sempat duduk di kursi Kepala Sekolah beliau sudah dipromosikan dan dilantik menduduki jabatan Kabid Sekmen Diknas Kab. Malang.

Nampaknya dari dua pembicara yang hadir ini masih terjalin ikatan yang erat dengan SMA Islam Kepanjen. Ini terlihat dari pemaparan Bapak Pudianto mengenai SMA Islam serta beberapa gagasan beliau tentang perjalanan SMA Islam Kepanjen ke depan. Kesimpulannya mengapa SMA Islam Kepanjen yang berdiri tahun 1985 ini menjadi besar, karena SMA Islam Kepanjen didukung oleh orang-orang yang sangat berkompeten dalam dunia pendidikan. Kegiatan malam pertama berupa diskusi ini berakhir pada pukul 22.30 malam. 

Setelah kegiatan diskusi,  peserta beristrirahat di kamar yang telah ditentukan, namun beberapa guru yang suka menyanyi melanjutkan refreshing dengan melantunkan tembang-tembang kenangan dan campursari. Siapa saja dia? siapa lagi kalau bukan ibu Dyah Lusi, Erkik, Akip Effendy, Endik Sujatmiko, Endik Jerman,   Irwan, Herry,  Poenk dan Rey Arifin (photografer) hehehe.

Dan pada hari kedua, Prof. Dr. Wahyudi kembali menyampaian materi berupa motivasi kepada seluruh peserta yang didalamnya berisi tentang  tahu tidaknya seorang guru terhadap dirinya sendiri. Pada akhir kegiatan ini semua nama peserta dituliskan pada selembar kertas yang diibaratkan sebagai rapor. Selanjutnya dikertas ini seluruh peserta dapat menuliskan kelebihan maupun kekurangan guru yang namanya tertera di kertas. Cara menuliskan rapor ini adalah secara bergantian,  selesai nulis di satu kertas pindah ke kertas yang lain.  Prof. Wahyudi berpesan waktu untuk membuka rapor ini adalah malam hari didahului dengan sholat. Barulah kertas dibuka dan mengucap basmallah baru membuka rapor yang tadi siang belum sempat dibaca karena harus langsung dilipat dan disimpan.

Maksud dari kegiatan ini adalah agar peserta yang mendapat rapor dapat mawas diri terhadap perilaku nya baik dalam keseharian maupun saat mengajar. Jika dalam tulisan terdapat rapor tentang kekurangan, peserta wajib mengucapkan Alhamdulillah ( artinya masih ada orang lain yang mengingatkan akan kekurangnya dan siap untuk memperbaikinya) sedangkan jika pada kertas tertulis kebaikan peserta harus mengucap Astaghfirullah ( maksudnya agar tidak jumawa = menunjukkan akunya).

Setelah acara selesai, sambil menunggu checkout hotel, peserta diberi karcis untuk  masuk obyek wisata Selecta. Karcis ini adalah bagian dari fasilitas pengunjung yang menginap di hotel Selecta. Selanjutnya gimana? Karena sudah payah jalan ke lokasi wisata meskipun hanya melihat-lihat saja, para peserta melaksanakan makan siang terakhir dan kembali ke rumah. The end ( admin )

Sabtu, 01 Januari 2011

Kriteria Kelulusan UN 2011

Meski hingga tulisan ini dipublikasikan belum ada kepastian melalui peraturan menteri (permen) perihal Ujian Nasional, namun beberapa informasi seputar UN 2011 mulai beredar. Informasi itu misalnya terkait dengan formula kelulusan dan seputar jadwal UN yang oleh pemerintah ditujukan sebagai sosialisasi kepada khalayak.
Untuk formula kriteria kelulusan tahun ini, pemerintah menggunakan formula baru. Kelulusan siswa dari sekolah dengan melihat nilai gabungan rencananya dipatok minimal 5,5. Nilai gabungan merupakan perpaduan nilai UN dan nilai sekolah untuk setiap mata pelajaran UN.
Rumus yang ditawarkan pemerintah untuk nilai gabungan = (0,6 x nilai UN) + (0,4 x nilai sekolah). Nilai sekolah dihitung dari nilai rata-rata ujian sekolah dan nilai rapor semester 3-5 untuk tiap mata pelajaran UN.
Dengan formula baru ini, rencananya akan dipatok nilai tiap mata pelajaran minimal 4,00. Integrasi nilai UN dan nilai sekolah ini diharapkan jadi pendorong untuk menganggap penting semua proses belajar sejak kelas 1 hingga kelas 3.
Sedangkan kriteria kelulusan ujian sekolah diserahkan kepada sekolah. Nilai sekolah merupakan nilai rata-rata dari ujian sekolah dan nilai rapor semester 3-5 setiap mata pelajaran yang tidak diujikan dalam UN.
Sementara itu, jadwal UN semula dalam tulisan yang penulis posting akan dilaksanakan bulan April 2011 (baca Jadwal Ujian Nasional Tahun 2011) berubah menjadi bulan Mei 2011. Ujian nasional (UN) utama untuk SMA/SMK digelar pada minggu pertama Mei 2011, sedangkan untuk SMP pada minggu kedua Mei 2011. Adapun UN susulan bagi mereka yang belum mengikuti UN utama dilaksanakan satu minggu kemudian.
Selain itu, untuk UN 2011 ujian ulangan bagi siswa yang tidak lulus ditiadakan. Oleh karena itu, bagi siswa yang dinyatakan tidak lulus harus mengikuti ujian kembali pada tahun mendatang
Hal lain yang perlu dipersiapkan sekolah berkaitan dengan ujian sekolah, baik ujian tulis maupun praktik. Jadwal ujian sekolah sepenuhnya diserahkan pada sekolah dan telah dilaksanakan sebelum ujian nasional berlangsung
Informasi terkait bisa dilihat di sini

sumber : http://zulmasri.wordpress.com/2010/12/23/formula-kelulusan-ujian-nasional-2011/

Awal tahun di Bendungan Lahor

Bendungan Lahor bagian Barat
Kabarkongo.com - Menandai datangnya tahun 2011, banyak warga yang tidak melewatkan datangnya hari pertama 2011 ini.Kebetulan sekali hari ini bersamaan dengan liburan semester. Di beberapa tempat wisata terlihat ramai dngan pengunjung. Mungkin mereka ingin menorehkan sebuah kenangan pada hari pertama pergantian tahun.  

Bendungan Lahor yang terletak diporos utama jalan propinsi Malang Blitar bagi pengendara mobil kecil dan sepeda motor terkena imbas dari datangnya tahun baru. Terlihat pengendara motor dan mobil lalu lalang melewati jembatan Lahor. Banyak diantara  mereka yang menyempatkan diri untuk berhenti di pagar bendungan. Ada yang mengambil gambar bersama keluarganya. Ada juga yang dengan santainya berbincang-bincang dengan latar belakang bendungan Lahor. 

Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana alam sambil bermain, mereka harus membeli karcis masuk. Di dalam tempat wisata sebelah timur jembatan yang masih masuk wilayah kabupaten Malang ini terdapat beberapa arena mainan. Ada bandulan untuk anak-anak, peralatan panjat tali seperti outbond, dan permainan lainnya. Sedangkan yang daerah wisata barat jembatan yang sudah masuk area Kabupaten Blitar, pengunjung dengan bebas memasuki area. Di antara pengunjung yang kebanyakan bersama keluarga atau bersama pasangannya bagi yang masih pacaran melewatkan waktunya dengan bercengkerama sambil makan jajanan yang dijual di sekitar lokasi.

Kejuaraan Kempo di teras Kanjuruhan

Upacara pembukaan
KabarKongo.com.-- Sebenarnya saya mengambil foto-foto kejuaraan Kempo yang bernaung dibawah Perkemi Kab. Malang ini secara tidak sengaja. Ketika melihat keramaian di teras pintu utama Stadion Kanjuruhan. Saya mendekat.Ternyata sedang ditandingkan beberapa anggota Kempo dalam beberapa kelompok. Yang penulis lihat ada Kempo-kempo kecil seusia anak-anak SD ikut di sini.

Saya sempat wawancara dengan Bapak Jamhuri anggota sipil Polres Malang yang bertindak sebagai salah satu panitia. Menurut dia kejuaraan ini masih dalam rangkaian kegiatan Porseni SD dan Porkab Kabupaten Malang. Maksud dan tujuan kegiatan ini adalah mencari bibit-bibit atlet dibidang beladiri Kempo.
Peragaan atlit junior

Kegiatan babak penyisihan menurut panitia sudah dilaksanan sejak pagi hari.  Baru sekitar pukul 10.30 WIB dilaksanakan upacara pembukaan oleh Ketua Perkemi Kabupaten Malang. Baru setelah dibuka pertandingan dilanjutkan kembali, yaitu babak semifinal dan final.

Peragaan gerak berpasangan
Selain pertandingan body contact, pada kegiatan ini juga diramaikan dengan beberapa peragaan gerakan Kempo. Di dahului dengan peragaan gerakan kempo perkelaian dan kuncian yang dimainkan oleh 2 anak sekolah dasar yang baru berlatih 4 bulan dan 6 bulan. Ternyata mereka sudah mahir melakukan gerakan-gerakan Kempo dengan sempurna, diantaranya perkelaian, bantingan dan kuncian. Disusul yang kedua adalah gerakan peragaan berpasangan yang dimainkan oleh empat anak setingkat anak SMP. Dengan gerakan yang kompak mereka memperagakan gerakan dengan kompak dan diselingi dengan gerakan perkelaian berpasangan. Dan yang terakhir dilakukan eksibisi 2 anggota Kempo wanita melawan pria. Menurut komentator, meskipun hanyalah eksibisi, jika gerakan yang diperagaan salah maka akan menjadi fatal.
Semoga dengan adanya kejuaraan kempo kategori anak, remaja, dewasa yang terdiri dari beberapa kelas ini ditemukan bibit bibit atlet yang bisa mewakili Kabupaten Malang ke tingkat yang lebih luas yaitu tingkat Jatim dan Nasional. (admin)


6 kota penuh dosa

Agak berlebihan memang jika mengategorikan enam kota berikut sebagai wilayah penuh dosa. Namun, julukan nakal itu bakal menjadi pertimbangan bila melihat apa yang ditawarkan bagi para pengunjungnya. Terlepas dari setuju atau tidak, seperti dilansir AskMen.com, tempat-tempat ini masuk dalam daftar wisata dengan "dosa" terbanyak. AstaghfiruLLahaladziim.. kiamat sudah dekat nih kayaknya.... ^^


1. Pattaya Kota Seks

Pattaya adalah surga seks ternyaman di dunia. Wajar saja, pertunjukan seks dan kabaret transeksual merupakan pemancing turis yang legal di kota yang terletak di pesisir Teluk Thailand, sebelah tenggara Bangkok ini. Tidak harus menunggu malam jika ingin menghabiskan waktu dengan pelacur.

Mereka 24 jam bisa ditemui dan diajak berkencan. Ada juga para waria cantik jelita yang beredar di sepanjang jalur wisata. Bosan dengan seks, tonton saja Thai Boxing di sejumlah bar. wahh!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!


2. Manama Kota Pesta

Selamat datang di Pesta Oasis Timur Tengah. Ungkapan itu yang bakal Anda terima begitu tiba di Manama, Bahrain, sebuah kawasan yang berdekatan dengan Arab Saudi. Kalau selama ini aturan Pemerintah Arab Saudi sangat ketat mengekang warga negara dan pengunjungnya, di Manama semua bisa dinegosiasikan.

Ingin clubbing seharian, atau berpesta seks? Di Manama sah-sah saja. Memang kota ini dikenal sebagai salah satu yang berpenduduk Muslim terbesar di kawasan padang pasir itu. Namun pada 2001 kota ini bersikap lebih liberal. Penduduknya juga mulai membuka mata terhadap pergaulan dunia Barat.

3. Las Vegas Kota Judi

Las Vegas surga penjudi. Semua orang bisa berjudi siang dan malam, bahkan saat sedang berada di bandar udara. Hampir seluruh wilayah di Las Vegas menyediakan lokasi perjudian. Walau belum legal sepenuhnya, prostitusi juga sudah lama menjadi daya tarik yang menemani aktivitas di kasino.

Bagian terbaik dari kota ini, tak peduli latar belakang budaya pendatangnya, Las Vegas tetap menjadi tempat singgah terbaik di Amerika Serikat. "Go On and Sin", itulah industri yang dikelola di sini.

4. Rio de Janeiro Kota Topless

Wanita-wanita Brazil memiliki pesona kecantikan luar biasa. Tak heran supermodel top dunia berasal dari sini. Rio de Janeiro salah satu kota yang menyimpan kemolekan tubuh tersebut. Coba saja kunjungi pantai-pantai di sana, tak sedikit wanita bertelanjang dada alias topless lalu-lalang sambil bercanda ria.

Suasana tersebut makin liar ketika matahari terbenam di sudut pantai. Sejumlah rumah pelacuran di tepi pantai siap memanjakan nafsu kaum Adam. Jangan heran, prostitusi legal di kota ini. Jika musim karnaval tiba, musik dan wanita akan membawa Anda lebih jauh berfantasi.

5. Moskow Kota Clubbing

Apa jadinya ketika negara komunal berganti wajah? Masyarakatnya bakal mengalami histeria. Itu yang kini terjadi di Moskow, Rusia. Setiap klub malam di sana memutar musik tekno hardcore hingga rock. Hampir seluruh anak muda Moskow menghabiskan waktu di klub.

Jika ingin mendapat teman kencan ekspres, hampir semua klub menyediakan pelayanan ini. Coba saja ke klub striptis di dekat Red Square. Ada juga The Hungry Duck, bar yang menyelenggarakan ladies' night tiga kali dalam sepekan serta penari telanjang pria selama 24 jam. Prostitusi memang dilarang di Moskow, namun masih bisa dilakukan secara sembunyi-sembunyi.

6. Amsterdam Kota Mariyuana

Amsterdam, Belanda, memiliki puluhan kafe mariyuana, salah satu jenis obat-obatan terlarang. Mariyuana, rokok, dan sejenisnya memang legal di negeri kincir angin ini. Tidak ada aturan yang menyebutkan benda-benda itu harus digunakan dengan prosedur tertentu.

Ingin berkencan dengan pelacur? Cukup datangi distrik di salah satu bagian kota. Di sana, Anda bisa melihat dan memilih wanita yang diinginkan dari jendela kaca. Para pelacur akan bergaya dengan atau tanpa busana bak boneka pajangan. Kemenangan juga dirasakan para pecinta sesama jenis. Mereka bisa dengan bebas mengikrarkan hubungan tersebut, karena tak ada larangan untuk cinta semacam ini. Bagi mereka yang tak menyakini Tuhan, tidak ada yang mempersoalkan hal itu di Amsterdam.