Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Senin, 12 September 2011

Sejarah Berdirinya PPS Betako Merpati Putih di Kepanjen Malang

KabarKongo.com Kabar terkini dari Kodok Ngorek Community.





Pada tahun 1990, beberapa anggota sepuh Merpati Putih yang ada di Donomulyo mencoba mengembangkan pencak silat tangan kosong di Kepanjen. Drs. Sutikno yang berprofesi sebagai guru SD mencoba mengembangkan pencak silat ini di SMP Katholik St. Yoseph Kepanjen dibantu dengan dibantu oleh Mas Wahyu Widayadi, Drs. Sucipto dan Mas Yanto dari Donomulyo.  

Tercatat beberapa orang guru SMPK,SMAK dan SMA Negeri Kepanjen bergabung sebagai anggota perintis berkembangnya PPS Betako Merpati Putih di Kepanjen. antara lain ; Bpk. Gatot Sutrisno (Alm) Guru SMA Negeri Kepanjen, Suwandi (Guru SMPK), Suhardjito ( Guru SMAK), Jemari (TU.SMPK), Ma'i ( Pesuruh SMPK),Harianto (Guru SDN Mojosari), Harianto (Swasta) , dll.
Baru pada tahun 1991, PPS Betako Merpati Putih Kelompok Latihan (Kolat) Kepanjen membuka anggota angkatan pertama, termasuk penulis yang kala itu menjadi guru di SMPK St. Yoseph Kepanjen. Bersama penulis ada beberapa siswa SMAN Kepanjen dan SMA PGRI Kepanjen, al; Gatot ( Sekarang TNI AL), Wahyu, Heru Pendowo, dan ada juga anggota putri siswi SMPK, SMAK,SMAN Kepanjen.
Dalam perkembangan berikutnya, berdiri Kolat SMA Negeri Kepanjen, Kolat Polres Malang ( Jamannya Kapolres P. Anang YS) dan Kolat Yon Zipur 5 Kepanjen. Semua kolat-kolat tersebut dilatih oleh pelatih Drs. Sutikno dibantu dengan asisten pelatih Suwandi, dan Poenk Poerwa.

Pada tahun 90 an tersebut, beberapa Perguruan Tinggi di Malang juga banyak yang mengembangkan Pencak Silat ini , al ; UM,Unbraw, Widya Gama, Gajayan dll.

Sampai detik inipun PPS Betako Merpati Putih di Kepanjen sudah bertambah tempat-tempat kelompok latihan, diantaranya, SDN Kepanjen 2, SMPN 5 Kepanjen, SMP Negeri 1 Ngajum, PPS Betako Merpati Putih, tidak mencari sebanyak-banyaknya anggota, tetapi mencari anggota yang sadar akan pelestarian budaya bangsa terutam Pencak silat Merpati Putih yang merupakan peninggalan Kerajaan mataram.

0 komentar: