Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Selasa, 06 September 2011

Pantau Putra Anda dalam ber facebook

KabarKongo.com Kabar terkini dari Kodok Ngorek Community

Selama bertahun-tahun, remaja melewatkan sebagian besar waktu luangnya dengan mengobrol dengan teman di telepon. Remaja masa kini tidak terlalu berbeda. Mereka hanya punya cara berkomunikasi lebih beragam.
House

Apa yang Dilakukan Remaja Saya di Facebook?

Sama seperti orang dewasa, remaja menggunakan Facebook untuk berhubungan dengan teman—melalui obrolan, pesan pribadi, dan berbagi foto, video, tautan, dan jenis informasi lain. Mereka menggunakan Facebook untuk mengumumkan prestasi, saling mengucapkan selamat ulang tahun, dan merencanakan acara sosial, seperti ke bioskop atau ke rumah teman.

Siapa yang Dapat Melihat Profil Remaja Saya?

Orang yang dapat melihat kiriman seorang remaja hanyalah teman Facebooknya, teman dari teman, dan jaringan (misalnya, jaringan sekolahnya). Kami memiliki pengaturan perlindungan dan keamanan tambahan bagi remaja (usia 13-17) untuk memastikan profil dan kiriman mereka tidak muncul di hasil pencarian publik. Demikian pula, jika remaja berbagi lokasi melalui Tempat, hanya teman Facebooknya yang dapat melihatnya.

Mulai Percakapan

Orang tua tidak perlu menjadi pakar media sosial untuk mulai bertanya dan mengawali dialog berkelanjutan dengan remaja. Bicarakan keamanan dan teknologi sedini mungkin dan sering-sering, sebagaimana Anda berbicara kepada anak tentang menjaga keamanan di sekolah, di mobil, naik angkutan umum, atau bermain olahraga.
Salah satu cara terbaik untuk mengawali perbincangan adalah bertanya kepada remaja Anda, mengapa layanan seperti Facebook penting bagi mereka. Anda juga dapat meminta mereka menunjukkan cara membuat profil Facebook untuk Anda, supaya Anda dapat melihat Facebook itu seperti apa. Bicarakan informasi apa yang pantas dibagikan secara online—dan apa yang tidak. Tanyai mereka tentang pengaturan privasi, dan sarankan mengkajinya bersama-sama, secara berkala. Tetapkan peraturan dasar, dan tegakkan.

Belajar dari Remaja Anda

Remaja masa kini tumbuh bersama internet, ponsel, dan SMS. Sebagian besar tidak membedakan antara online atau offline. Teknologi baru sudah bagian hidup mereka sejak lahir, jadi jika kita menganggapnya sebagai hal remeh atau buang waktu, kita mengkritik bagian besar interaksi sosial mereka. Mungkin Anda sudah tahu itu, tetapi jika Anda tidak benar-benar mengikuti perkembangan media sosial, maka remaja Anda mungkin lebih tahu daripada Anda. Itu bukan masalah. Jangan sungkan meminta anak Anda mengajari Anda!

Ini Soal Saling Menghormati

Penting juga membicarakan Aturan Emas: memperlakukan orang lain seperti kita ingin diperlakukan. Ini juga berlaku saat menggunakan teknologi baru. Pastikan remaja Anda tahu siapa yang dapat dimintai bantuan jika ada yang melecehkan mereka. Bantu mereka memahami bahwa mengirimkan sesuatu secara online harus dilakukan secara aman dan bertanggung jawab—karena hal yang ditayangkan di internet bisa disalahtafsirkan atau dikutip tanpa konteks.

Begitu Anda Bergabung di Facebook...

Jika Anda memiliki profil Facebook, dan berteman dengan anak Anda, cobalah menghormati batasan yang sama dengan yang Anda gunakan saat offline. Biarlah hubungan Anda menentukan cara Anda berinteraksi. Misalnya, apakah Anda ikut dalam percakapan antara teman-teman anak, atau apakah Anda menulis di Dinding mereka. Anggap media sosial sebagai acara kumpul-kumpul di salah satu rumah teman anak Anda. Anda dapat mengizinkan remaja Anda menghadiri acara itu, dan meskipun Anda tidak akan hadir di sana untuk memantau perilaku mereka, Anda mempercayai bahwa remaja Anda akan menggunakan pertimbangan yang baik saat bergaul dengan teman sebaya dan orang tua lain. Ini soal menyeimbangkan antara pertumbuhan kemandirian dan kebutuhan pribadi remaja Anda dengan kepedulian Anda tentang keamanan.
Lihat Halaman Peralatan untuk memperoleh informasi selengkapnya dan sumber daya untuk orang tua di web.

Pelajari Bahasanya

Teman? Teman dari Teman? Suka? Colek? Dinding? Pelajari makna semua istilah ini di Pusat Bantuan Facebook.

Saran untuk Orang Tua

  1. Mengikuti perkembangan teknologi kadang memang sulit. Jangan sungkan meminta anak Anda menjelaskannya.
  2. Jika Anda belum masuk ke Facebook, pertimbangkan untuk bergabung. Jadi Anda bisa memahami apa yang terjadi di sini!
  3. Buatlah grup Facebook untuk keluarga, supaya Anda punya ruang pribadi untuk berbagi foto dan terus berkomunikasi.
  4. Ajari remaja Anda dasar-dasar keamanan online, agar mereka dapat membuat profil Facebooknya (dan akun online lain) secara pribadi dan aman.
  5. Bicarakan keamanan teknologi seperti membicarakan keamanan saat mengemudi dan bermain olahraga.

Mulai Perbincangan dengan Remaja Anda

  1. Apa kamu merasa bisa memberi tahu Ibu/Ayah kalau punya masalah di sekolah atau online?
  2. Jelaskan mengapa Facebook penting bagimu.
  3. Bisa membantu Ayah/Ibu membuat profil Facebook?
  4. Siapa saja temanmu di Facebook?
  5. Ayah/Ibu ingin menjadi temanmu di Facebook. Kamu tidak berkeberatan? Apa keberatanmu?

0 komentar: