Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Jumat, 05 Agustus 2011

Peringkat 10 Besar Perguruan Tinggi di Indonesia dan Rankingnya

Kabar Kongo Terkini -

Anda ingin tahu Perguruan Tinggi Top yang ada di Indonesia? Berdasaran survey yang telah dilaksanakan dengan berbagai macam kriteria, telah dirilis peringkat PT Negeri maupun Swasta terkemuka di Indonesia . Bagan lingkaran berikut menunjukkan banyaknya University Top yang masuk ranking 200 besar dunia, dengan banyaknya PT menurut benua / wilayah. 

Inilah peringkat  PT  Top Ten  di Indonesia ( 7 PTN + 3 PTS)
No
Perguruan Tinggi
Peringkat Dunia
Peringkat Asia Tenggara
1
  Universitas Indonesia
562
12
2
  Institut Teknologi Bandung
632
16
3
  Universitas Gadjah Mada
817
18
4
  Universitas Gunadarma
845
19
5
  Institut Pertanian Bogor
1180
31
6
  Universitas Negeri Malang
1218
32
7
  Universitas Kristen Petra
1260
34
8
  Universitas Muhammadiyah Malang
1264
35
9
  Institut Teknologi Sepuluh Nopember
1274
36
10
  Universitas Dipenogoro
1294
38

Survei yang dilakukan Webometrics di jagad pendidikan tinggi tidak hanya berkisar pada biaya pendidikan, kualitas kurikulum dan prospek lulusannya mendapat pekerjaan, namun juga dari segi publikasi universitas melalui laman.
Empat komponen yang menjadi indikator dari penilaian Webometrics adalah size dengan kuota persentase 20%. Size merupakan jumlah halaman website yang tertangkap search engines seperti google, yahoo dan live search (bing). indikator selanjutnya, visibility (50%) berupa total tautan eksternal unik yang diterima dari situs lain  (inlink), yang diperoleh dari yahoo Search, live search dan exalead.
Selain itu, rich files yang merupakan jumlah file dokumen seperti Adobe Acrobat (.pdf), Adobe PostScript (.ps), Microsoft Word (.doc) dan Mirosoft Powerpoint (.ppt) dinilai dengan kuota 15%. Scholar berupa jumlah paper dan jumlah sitasi (kutipan) yang tertangkap di Google Scholar untuk setiap dokumen laman perguruan tinggi pun dinilai15%.
Webometrics adalah salah satu perangkat untuk mengukur kemajuan perguruan tinggi negeri dan swasta melalui laman resmi perguruan tinggi. Dalam setahun, lembaga yang berafiliasi dengan Dewan Riset Nasional Spanyol ini mengeluarkan daftar peringkat pada bulan Januari dan Juli. Pembobotannya menggunakan Rumus: Webometrics Rank = (4xV) + (2xS) + (1xR) + (1xSc). Informasi lebih lanjut dapat mengakses http://www.Webometrics.info

0 komentar: