Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Senin, 29 Agustus 2011

Penetapan 1 Syawal Masih Dalam Perdebatan, Negara Sahabat menetapkan 31 Agustus

KabarKongo.com Kabar terkini dari Kodok Ngorek Community

Penentuan 1 Syawal 1432 H, tengah ditentukan dalam sidang isbat di Kementerian Agama. Meski beberapa negara sahabat memberlakukan 31 Agustus sebagai 1 Syawal 1432 H, Pemerintah RI, tetap memberlakukan uji Rukyat dalam menentukan jatuhnya 1 Syawal 1432 H.

Sampai berita ini diturunkan, penetapan 1 Syawal di NKRI masih dilaksanakan sidang. Kebyakan peserta sidang memberikan pandangan bahwa jatuhnya 1 Syawal mengarah ke tanggal 31 Agustus 2011.

Sebenarnya masalah pelik ini adalah mengapa dalam kalender umum, ditetapkan tanggal merah 1 Syawal pada tanggal 30 Agustus 2011. Andaikan tanggal 31 Agusuts, sebenarnya permasalahan ini tidak sebegitu pelik.
Alasan tersebut dilakukan lantaran sistem yang digunakan untuk melihat hilal yang dilakukan RI berbeda dengan sistem yang digunakan berbagai negara yakni sitem hisab.
"Kita menggunakan sistem rukyat, bukan hisab. Hasil akan diumumkan dalam sidang Isbat," tutur anggota tim Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama, Cecep Nurwendaya, Senin (29/8/2011).

Sementara dari dari 22 sistem hisab yang digunakan di berbagai negara di dunia menunjukkan Hari Raya Idul Fitri atau 1 Syawal akan jatuh pada hari Rabu (31/8/2011). Hasil tersebut menggunakan sistem hisab, yang berpatokan pada angka minimal untuk menandai perbedaan bulan. [mvi]

0 komentar: