Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Jumat, 10 Juni 2011

Sumber Air di depan Cucian Metro



Kabar Kongo Terkini - Mungkin saja Anda sebagian orang yang belum tahu tentang kondisi masa lalu tentang kampung sumber yang berada di daerah Sukun Metro Kepanjen. Karena itu saya ingin berbagi cerita tentang kondisi yang ada saat itu.


Waktu saya kecil, di daerah Sukun belum teraliri PDAM, kebanyakan warga menggunakan MCK di sungai Sukun belakang kecamatan Kepanjen serta Sumber air  yang berada di bawah pohon Lho di Sukun Metro. Sejak dulu, sumber air di kawasan ini tidak pernah mati. Tercatat ada 4 tempat mandi bagi warga sekitar termasuk saya selain pemandian Metro dan Sungai Metro.

Sumber yang ada saat itu adalah tepat di bawah pohon Lho, yang bagian atas untuk KM putri dan bawahnya untuk KM putra. Agak kebawah lagi terdapat bedengan untuk mandi orang putri dan bawahnya lagi ( sekarang tepat di bawah jembatan baru Metro) terdapat pancuran untuk mandi putra. Sedangkan untuk BAB ada tempatnya tersendiri di aliran yang agak jauh dari pancuran.

Sekarang, karena jaman sudah modern, sebagian besar rumah sudah menggunakan PDAM, sumber-sumber ini sudah jarang dipergunakan, kecuali yang terdapat di bawah pohon Lho tikungan Metro.

Karena kepemilikan sudah banyak yang berpindah tangan, dengan memanfaatkan aliran air sumber di lokasi ini dibuatlah kolam pemancingan dan pembibitan ikan.(poenk)

0 komentar: