Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Kamis, 30 Juni 2011

Peringatan Isro' Mi'roj di Soerjo Alam Ngajum





Kabar Kongo Terkini - Dalam rangka memperingati Isro' Mi'roj  Nabi Muhammad SAW. Padepokan Soerjo Alam Sembon Ngajum melaksanakan kegiatan pengajian akbar. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Rabu malam Kamis, 29 Juni 2011. Menurut rencana yang akan memberi tauziah dalam pengajian ini adalah H. Subhan Wakil Bupati Malang. Namun karena adanya dinas mendadak, terpaksa Wabub Malang mewakilkan kepada Ustd. Rulianto dari Kebonagung Malang.

Sejak pukul 18.30 WIB, masyarakat Sembon dan  para undangan telah hadir di Griya Agung Gus Sopan dan Masjid tempat kegiatan. Seluruh hadirin yang hadir di kediaman Bendoro Gus Sopan ini dipersilahkan untuk menyantap ngalap berkah yang telah disediakan di halaman samping rumah Gus Sopan.

Kegiatan pengajian baru dilaksanakan pada pukul 20.30 WIB karena menunggu jamaah pengajian yang datang belakangan dan menikmati hidangan yang disediakan. Sebelum acara inti, ada beberapa sambutan dari ketua pelaksana, Kasun Sembon Ngajum dan Muspika Ngajum.

Dalam Tauziahnya, Ustd. Ruli yang juga staf  Pemkab Malang ini menyampaikan beberapa hal yang  berkaitan dengan adanya Isro' Mi'roj. Selian itu juga dikupas tentang ketaqwaan manusia kepada Allah SWT, yang diistilahkan dengan istilah ngawula. Ustd, Ruli juga menerangkan perbedaan antara manusia dengan kawula. Jika manusia itu adalah jasadnya, ngawula adalah jabatan atau kedudukannya. Ngawula berarti harus manut kepada yang dikawulai. Karena manusia itu ngawula kepada Allah, maka segala sesuatu  seyogyanya dipasrahkan kepada Sang Khalik Pencipta Alam. 

Dengan menyitir beberapa ayat dalam Al-Qur'an, Ustd. Ruli mengajak kepada jamaah yang hadir agar benar-benar melaksanakan tuntunan yang diberikan sesuai syari'at yang ada. Semisal masalah sholat, oleh Ust. Ruli dikupas bagaimana sholat yang khusuk, tidak hanya sekedar memenuhi kewajiban saja.

Selain pengajian, kegiatan dalam rangka memperingati Isro' Mi'roj ini adalah dilaksanakannya sunatan masal anak-anak Sembon dan sekitarnya yang dilaksanakan pada siang harinya. 
Dengan adanya kegiatan  ini, dusun Sembon yang terletak di lereng Kawi ini tak pernah sepi dengan tamu, baik itu tamu khusus kepada Gus Sopan karena membuthkan bantuan maupun pada saat-saat ada kegiatan seperti ini.

0 komentar: