Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Kamis, 26 Mei 2011

Pura Ulun Danu




Kabar Kongo Terkini - Wisata yang satu ini agak tersisih dari wisata lainnya. Pura ini  berada di balik Danau Bedugul. Meskipun tempatnya nyaman dan asri, nampaknya pengunjung di sini tidak seberapa banyak. Kebanyakan wisatawan terutama dari dalam negeri lebih memilih Bedugul sebagai batas akhir wisata di sisi utara.

Beberapa hal yang menyebabkan sepinya pengunjung adalah akses jalan ini menanjak dan hanya ada satu obyek yang ada di sini. Kecuali jika wisatawan sengaja mengambil akses pulang lewat jalur utara ( Singaraja) maka daerah wisata ini akan terlewati.


Konon, Pura Ulun Danu Bratan atau Bratan Pura yang terdapat pada uang pecahan Rp.50.000,- an ini  merupakan sebuah candi air besar di Bali, Indonesia - candi utama air lainnya menjadi Pura Ulun Danu Batur. Kompleks candi ini terletak di tepi barat laut Danau Bratan di pegunungan dekat Bedugul. candi air memenuhi seluruh wilayah di daerah aliran; di tepi hilir ada banyak candi kecil air yang spesifik untuk setiap asosiasi irigasi (subak = irigasi di Bali)
Candi ini digunakan untuk upacara persembahan untuk Dewi Dewi Danu, Dewi air, Danau dan sungai. Danau Bratan merupakan salah satu danau penting dalam hal irigasi. Dan sangat disayangkan jika Anda wisata ke Bali tidak berkunjung ke Pura Ulun Danu ini. Gak Percaya.. Silahkan datang saja sendiri..pasti Anda gak akan kecewa.
 

0 komentar: