Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Kamis, 14 April 2011

Penambangan Pasir di Sungai Lesti Wonokerto

Kabarkongo.com terkini




Foto : Perahu pasir , Jembatan lama dan   Foto dari atas Jembatan baru

InfoKepanjen.com - Sudah bukan rahasia umum lagi bahwa sebagian mata pencarian warga Wonokerto dan Pagelaran adalah sebagai penambang pasir. Mereka melakukan penambangan di saat Sungai Lesti tidak sedang banjir. Namun di saat banjir datang, para penambang ini merasa kebagian rejeki. Karena pasir yang dibawa arus sungai akan menumpuk dan memudahkan mereka untuk melakukan penambangan.

Meskipun pasir yang ditambang di Lesti ini tidak sebagus pasir di dekat Gunung Semeru. Namun hasil tambangan pasir di sini juga laris manis. Selain harganya murah, lokasinya juga tidak terlalu sulit dan tidak terlalu jauh dari Kota Kepanjen. Biasanya pasir dari Lesti ini dipergunakan untuk pemasangan paving atau bangunan yang tidak terlalu kuat. Atau bisa juga bagi orang yang membangun rumah tapi dengan dana agak cupet.
Foto di atas adalah sekumpulan perahu yang dipergunakan penambang pasir di Sungai Lesti. Perahu-perahu ini ditambatkan menjadi satu biar tidak hanyut. Sebelum jembatan penghubung Swaru - Wonokerto dibangun dengan jembatan baru. Penambangan pasir yang dilakukan lokasinya sangat dekat dengan jalan raya. Namun sekarang ini mereka terlihat di sebelah barat bawah jembatan baru.(po3nk)

0 komentar: