Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Sabtu, 01 Januari 2011

Awal tahun di Bendungan Lahor

Bendungan Lahor bagian Barat
Kabarkongo.com - Menandai datangnya tahun 2011, banyak warga yang tidak melewatkan datangnya hari pertama 2011 ini.Kebetulan sekali hari ini bersamaan dengan liburan semester. Di beberapa tempat wisata terlihat ramai dngan pengunjung. Mungkin mereka ingin menorehkan sebuah kenangan pada hari pertama pergantian tahun.  

Bendungan Lahor yang terletak diporos utama jalan propinsi Malang Blitar bagi pengendara mobil kecil dan sepeda motor terkena imbas dari datangnya tahun baru. Terlihat pengendara motor dan mobil lalu lalang melewati jembatan Lahor. Banyak diantara  mereka yang menyempatkan diri untuk berhenti di pagar bendungan. Ada yang mengambil gambar bersama keluarganya. Ada juga yang dengan santainya berbincang-bincang dengan latar belakang bendungan Lahor. 

Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana alam sambil bermain, mereka harus membeli karcis masuk. Di dalam tempat wisata sebelah timur jembatan yang masih masuk wilayah kabupaten Malang ini terdapat beberapa arena mainan. Ada bandulan untuk anak-anak, peralatan panjat tali seperti outbond, dan permainan lainnya. Sedangkan yang daerah wisata barat jembatan yang sudah masuk area Kabupaten Blitar, pengunjung dengan bebas memasuki area. Di antara pengunjung yang kebanyakan bersama keluarga atau bersama pasangannya bagi yang masih pacaran melewatkan waktunya dengan bercengkerama sambil makan jajanan yang dijual di sekitar lokasi.


Di lokasi ini kalau pada hari biasa terlihat sepi, saat ini berubah menjadi pasar malam kecil. Beberapa pedagang mangkal menjajakan dagangannya untuk mengais untung dari keramaian pengunjung. Beberapa arena permainanpun digelar di sini, diantaranya ada pemancingan anak dan kereta  putar anak. Jenis jajanan yang dijualpun bervariasi. Cilok , Kacang goreng, minuman, terompet bahkan ada penggaris oret-oret. Menurut pengamatan saya, keuntungan yang diperoleh sangatlah banyak. Karena harga yang ditawarkan oleh para pedagang tersebut di atas harga umumnya. Yah, namanya  juga tempat wisata. Selain tidak ada yang lain, pengunjung  juga tak mau ribet dengan selisih harga Rp.1.000 s.d Rp.2.000.
di atas pintu air
Lain ddengan yang di darat, penyewa perahupun kebagian rejeki. Terlihat banyak pengunjung yang menyewa perahu untuk berkeliling jembatan Lahor. Sayangnya saya tidak sempat mengorek keterangan berapa harga sewa perahu yang ditawarkan. Wow... pokoknya seru deh. Bagi yang belum tahu lokasi wisata ini. Untuk menuju lokasi, dari terminal Karangkates silahkan ambil jalur ke arah utara atau jalurnya MPU yang melewati bendungan Lahor. Bagi Anda pengendara motor dan mobil kecil (bukan bus / truck) akan sangat mudah untuk menuju lokasi. Khusus pengendara motor dari arah Malang, di pintu gerbang masuk harus membayar Rp. 500,- sedangkan bagi pengendara mobil digratiskan. Sebaliknya jika dari arah Blitar, yang harus membayar adalah pengendara mobil. Nah tahukan? Ok selamat berwisata dan selamat tahun baru. " Happy New Year" (admin)  

0 komentar: