Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Rabu, 29 Desember 2010

Pura Taman Ayun : Sejarah kejayaan Kerajaan Mengwi

KabarKongo.com -- Tujuan wisata yang sempat kami singgahi adalah Pura Taman Ayun, yang terkenal dengan pura yang  di atas air. 

Berikut sejarah Pura Taman Ayun.
Taman Ayun itu, adalah sebuah pura yang terletak di Mengwi. Pura ini ada dekat dari Istana Mengwi. Taman ayun itu ada artinya loh, Taman itu adalah Taman, sedangkan Ayun artinya indah atau cantik. Jadi Taman Ayun adalah Taman yang Indah atau Cantik.Kawasan Pura in bener-bener asri dan cantik. Pura ini sudah lama berdiri di daerah Mengwi. Pura Taman Ayun ini dibuat pada tahun 1634 oleh raja Mengwi saat itu, yaitu I Gusti Agung Putu. Pura ini sempat dipugar kembali pada tahun 1934.

Kawasan Pura ini dibagi menjadi 3. Halaman Pertama disebut dengan Jaba, dimana kita bisa sampai sini hanya dengan melewati jembatan menuju gerbang. Begitu masuk di sana ada tugu kecil untuk menjaga pintu masuk dan di sebelah kanannya terdapat bangunan luas (disebutnya wantilan, sering ada pertemuan dan pentas seni disini). Di sini, juga ada tugu air mancur yang mengarah ke 9 arah mata angin. Saat kita naik sedikit ke tangga dan melewati gerbang, kita ke halaman berikutnya, di sebelah kanan jalan terdapat sebuah komplek pura kecil dengan nama Pura Luhuring Purnama. Selain itu ada aling-aling Bale Pengubengan (balai yang bersifat negatif, dimana di Dalam Pura juga nanti ada yang besifat positif, Biar Balance) yang dihiasi dengan relief menggambarkan Dewata Nawa Sanga, (9 Dewa penjaga arah mata angin). Di sebelah timur halaman ini ada satu pura kecil disebut Pura Dalem Bekak, sedangkan di pojok sebelah barat terdapat sebuah Balai Kulkul ( Kulkul adalah alarm dan alat komunikasi Tradisional masyarakat) menjulang tinggi. di balai kulkul ini bagus banget kalo mau ambil foto pura dan areal Taman Ayun dari atas. 

Areal ke Tiga atau halaman terakhir adalah yang tertinggi dan yang paling suci. Disini hanya dibuka waktu upacara aja. trus hanya yang berkepentingan yang boleh masuk. Pintunya ada 3, yang paling tengah akan dibuka di saat ada upacara, tempat ke luar masuknya arca dan peralatan upacara lainnya. Sedangkan Gerbang yang di kiri kanannya adalah untuk keluar masuk kegiatan sehari-hari di pura tersebut. Di pura ini banyak sekali Meru (bangunan yang menjulang, yang atapnya berbentuk limas bertumpuk-tumpuk).
selain itu Pura Taman ayun ini di kelilingi oleh kolam, jadi kelihatan kalo Pura ini Mengambang di atas air .

Selain kawasan itu di belakang Pura juga ada taman. serta hamparan rumput hijau nan luas, serta banyak pohon. Di pojok kanan terdapat bangunan kecil yang terdapat banyak lukisan baik yang sudah jadi maupun dalam proses penyelesaian. Di bangunan ini juga terdapat barong yang biasa dipakai baground photo bagi para wisatawan. Pura Taman Ayun ini  menyimpan banyak sejarah  perkembangan kehidupan kerajaan. Di sini juga banyak menyimpan cerita. Mulai berdirinya Kerajaan Mengwi sampai berkembang dan akhirnya Runtuh. Termsuk keinginan Raja untuk mempunyai hutan yang sekarang dikenal dengan nama Sange.

Letak Pura ini tidak begitu jauh dari kota Denpasar, hanya sekitar 25 menit perjalanan kita  sudah sampai di tempat.

sumber :http://wikansadewa.blogspot.com/

0 komentar: