Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Rabu, 01 Desember 2010

Perpanjangan SIM A dan SIM C di Ringin Ngajum

KabarKongo.com-- Sejak kantor pengurusan SIM  Polres Malang  pindah ke Singosari. Warga Malang selatan jika ingin mengurus SIM merasa keberatan. Karena biasanya hanya ke kota Kepanjen, sekarang harus melintas wilayah kota Malang menuju Singosari.

Namun, pihak Polres Malang sendiri bertekad untuk dapat melayani seluruh warga Kabupaten Malang  mulai dari  wilayah barat ( Kasembon dan Ngantang ), Timur ( Ampelgading, Dampit, Turen dan sekitarnya), Selatan ( Donomulyo, Pagak, Kepanjen dan sekitarnya). Karena itu Polres Malang melaksanakan program SIM keliling khusus untuk perpanjangan SIM A dan SIM C.




Pada hari Rabu, 1 Desember 2010,  hasil koordinasi dengan Polsek Ngajum, SIM keliling melaksanakan kegiatan perpanjangan SIM A dan SIM C di wilayah kecamatan Ngajum. Adapun tempat yang dipergunakan untuk kegiatan ini adalah di halaman Pasar Ngajum yang berlokasi di pertigaan ringin Ngajum.

Reporter Infokepanjen.com dan KabarKongo.com yang kebetulan lewat dan melihat keramaian warga serta mobil SIM, mencoba untuk mencari tahu tentang proses dan kegiatan SIM keliling ini. Dari hasil wawancara reporter dengan petugas SIM  yaitu Bapak Totok , diperoleh informasi bahwa kegiatan perpanjangan SIM di Ngajum ini dipagu 60 peserta. Namun dari kenyataan yang ada peserta yang memperpanjangan SIM ini mengalami over load. Sehingga petugas dengan berat hati harus melakukan seleksi khusus bagi peserta yang habis masa berlaku SIM di bulan Desember ini. Adapun yang sudah kedaluwarsa dimohon untuk bersabar dan ngantri di lain waktu atau mengurus di tempat perpanjangan yang lain, khusus kota Kepanjen dilaksanakan di Stadion Kanjuruhan Kepanjen yang biasanya dilaksanakan setiap hari Selasa.

Adapun  proses perpanjangan SIM ini tidak berbeda dengan yang dilakukan di kantor pengurusan SIM yang ada di Singosari.  Peserta harus menyerahkan fotocopi SIM yang dipunyai, Fotocopy KTP yang berlaku dan menyerahkan SIM asli yang diperpanjang. Adapun biaya perpanjangan ke BRI adalah SIM C sebesar Rp. 75.000,- (tujuh puluh lima ribu rupiah) dan SIM A sebesar Rp. 80.000,- ( delapan puluh ribu rupiah ). Sedangkan untuk tes kesehatan petugas SIM dibantu oleh dokter dan perawat dari Puskesmas Ngajum.

Saat reporter mencoba mencari tahu ke petugas, reporter dipersilahkan untuk melihat secara langsung ke dalam mobil SIM keliling ini.  Sekaligus sempat menggambil gambar dari kegiatan ini.

Reporter  mencoba untuk mewawancari beberapa orang yang sedang mengurus perpanjangan SIM ini.
” Aku wingi wis ngisi blanko lewat SIM on line, yo wis oleh PIN. Tapi bareng tak takokno petugas lakok dikongkon ngurusi nang Singosari. Yo wegah tah, krungu-krungu jare gek Ngajum ono SIM keliling dino iki. Aku langsung ngntri mulai isuk mau”, kata Mas Arik yang berdomisili di Perumahan Kodok Ngorek Talangagung.
” Lha lek nang Singosari, yo rumangsaku, cik adohe yo waktu karo transporte gak nawari?” tambahnya.

Jika menilai dari kegiatan pelayanan kepada masyarakat, sebagian besar warga menyatakan setuju dan mendukung dengan kegiatan pelayanan yang dilakukan oleh Polres Malang.  Harapan warga yang lain adalah jadual kegiatan SIM keliling ini seharusnya dipampang di markas polsek yang ada di Kabupaten Malang. Sehingga memudahkan bagi warga yang ingin memperpanjang SIM untuk memilih tempat terdekat saat ingin mengurusi perpanjangan. Bravo Polres Malang, tingkatkan terus pelayanan kepada masyarakat. Tingkatkan terus pelayanan di bidang yang berkorelasi langsung dengan masyarakat. Sebagai mana motto kepolisian ” Siap melayani dan mengayomi masyarakat ” (admin)

0 komentar: