Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Minggu, 28 November 2010

One Billion Indonesia Trees (OBIT) di Ngajum

KabarKongo.com -- Pencanangan gerakan menanam pohon satu milliard di Indonesia, ditetapkan pada tanggal 28 Nopember 2010. Gerakan ini dilaksanakan secara serentak di suluruh daerah di Indonesia. OBIT ini wajib dilaksanakan di setiap propinsi yang mendelegasikan kepada Kepala Daerah dan selanjutnya ke daerah  kecamatan. Di Ngajum sendiri kegiatan ini digabung dengan gerakan ibu menanam ( 28 Nop s.d 1 Des 2010).

Di kecamatan Ngajum, gerakan penanaman satu milyar pohon (OBIT = One Billion Indonesia Trees) ini di pusatkan di SMP Negeri 1 Ngajum. Kegiatan ini ditandai dengan kegiatan upacara  dengan inspektur Upacara Bapak Eko Margianto,Ap.S.Sos. selaku camat Ngajum.  Peserta upacara terdiri beberapa unsur, al ; Anggota Polsek Ngajum, Koramil Ngajum, Staf Kecamatan Ngajum, Kepala Desa dan Staf Desa Ngajum, Dharma wanita, Bhayangkari,PWRI, PKK, Muslimat, Aisyiah, Persit, Instansi di bawah  naungan Camat Ngajum, Kepala sekolah dan Dewan Guru  serta siswa SMPN 1 Ngajum.

Dalam sambutannya, Bapak Camat Ngajum menyampaikan , kegiatan ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Ngajum dengan tujuan ; 1) Camat Ngajum peduli akan pendidikan ; 2) Sebagai pembelajaran siswa dalam memelihara lingkungan hidupyang sekarang ini sudah banyak pohon-pohon besar ditebang tanpa memeperdulikan akibat yang dapat ditimbulkan, contohnya tanah lonsor dan banjir.; 3) Setidaknya dengan prestasi akademik yang sudah di raih oleh SMP Negeri 1 Ngajum, Bapak camat berharap ada sisi positif yang lain agar SMP Negeri 1  Ngajum bisa menjadi sekolah Adi Wiyata.

Setelah selesai upacara, kegiatan dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis yang dilaksanakan oleh Muspika serta peserta upacara yang lain di sekeliling lapangan upacara SMP Negeri 1 Ngajum. Sedangkan kegiatan penanaman pohon yang lain di sekitar sekolah dilaksanakan oleh OSIS, Pramuka serta beberapa siswa yang ditunjuk.

Secara keseluruhan, kecamatan Ngajum mendapat jatah bibit tanaman dari Dinas Perhutani sebanyak 4340 pohon yang meliputi;  Glodokan(277); Jabon (678); Mahoni(463); Sawo kecik(4); Sengon (1662); Sukun (63); Mangga (129); Rambutan (50) ; Trembesi (65) ; Adpukad (60) ; Beringin (200) ; Nangka (89) ;  Mindi (72) ; Gemilina (177); Pete (30); Angasana (15);Durian ( 96).  Pohon-pohon ini dibagikan secara merata kepada 9 (sembilan) desa se kecamatn Ngajum, masing-masing desa memperoleh  426 pohon dari semua jenis di atas. Sedangkan  sisanya berjumlah 500 pohon ditanam dihalaman dan pekarangan SMP Negeri 1 Ngajum.

Dari kegiatan penanaman ini diharapkan kepada semua pihak yang diberi tanggung jawab agar bisa merawatnya. Sehingga pohon yang ditanam ini bisa tumbuh dan berkembang  seperti yang diharapkan. Dan dapat menjadikan wilayah yang rindang , asri yang intinya mempunyai lingkungan yang bermutu (mutu lingkungan) seperti motto Kabupaten Malang.  (admin)

0 komentar: