Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Sabtu, 20 November 2010

Kirab Agung Seni Budaya Kabupaten malang

KabarKongo.com --  Kabupaten Malang dengan Kepanjen sebagai Ibukotanya telah genap berusia 1250 Tahun. Kepanjen yang merupakan sentra kegiatan masyarakat Kab. Malang Sabtu sore tadi (20/11) juga menjadi tempat dilaksanakannya Peringatan Puncak Hari Jadi Kab. Malang ke-1250 dengan menggelar Pawai Kirab Budaya Agung Kab. Malang 2010.
Pawai kali ini berbeda dari tahun sebelumnya yaitu adanya Duta Seni dan Wisata dari daerah lain yang turut berpartisipasi dalam acara ini. Adalah Kab. Blitar, Kab. Ponorogo, Kab. Tulungagung dan juga dari Kab. Jembrana Propinsi Bali. Masing - masing Duta tersebut menampilkan suguhan kesenian dari daerahnya.

Diawali dari start di Lap. Penarukan Kepanjen, iring - iringan Pawai berjalan perlahan menuju finish di Lap. Parkir Luar Stadion Kanjuruhan Kepanjen melewati Jl. Panji. Tak ayal, iring - iringan pawai ini menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat sekitar khususnya penduduk Kota Kepanjen. Para peserta pawai pun tak lupa memberi suguhan atraksi menarik dari kesenian yang dibawanya untuk menghibur masyarakat. Diantaranya ada kesenian Bantengan, Sakerahan, Reog, Musik Patrol, Kuda Lumping, Tarian, dll.

Pawai ini selain membawa Bendera Panji Kabupaten Malang dengan semboyan "SATATA GAMA KERTA RAHARJA" dan Bendera Pataka "GULO KLOPO" ini juga yang menjadi perhatian banyak masyarakat Kota Kepanjen adalah barisan Pusaka, Payung "TUNGGUL NOGO" dan Gunungan Tumpeng berisi hasil bumi. Payung "TUNGGUL NOGO" sendiri merupakan simbol kejayaan Kota Kepanjen dan Gunungan Tumpeng berisi hasil bumi memiliki maksud bahwa Kabupaten Malang merupakan Kabupaten yang berbasis agraris yang mayoritas penduduknya adalah Petani dan sebagian kecil nelayan.

Acara terus berlanjut hingga di garis Finish dengan ditandai Pemotongan Tumpeng oleh RENDRA KRESNA, Bupati Malang yang baru saja dilantik pada bulan oktober lalu. Suguhan atraksi menarik kembali diberkan peserta pawai dhadapan para undangan dan beberapa perwakilan Duta Besar dari Mancanegara. Para "Bule" ini pun terkesan dengan festival yang dilaksanakan setahun sekali itu. Mereka mengaku kagum dengan kebudayaan Indonesia yang beragam, khususnya di Kab. Malang dan mereka pun melahap tontonan gratis tersebut hingga usai.

Tak lupa, Kami segenap Kru liputan InfoKepanjen.com mengucapkan Dirgahayu Kab. Malang ke-1250. Semoga terus berjaya, semakin maju, dan sejahtera rakyatnya.

0 komentar: