Kabar kongo .com " Mangudi ing tumindak kang becik,lan sugih paring marang pepadan "

Minggu, 24 Oktober 2010

SDN Kepanjen 03 memborong juara Puisi dan Lukis


Kabarkongo.com - Malang    

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, SMP - SMK Islam Kepanjen memnbuat sebuah kegiatan lomba khusus untuk siswa-siswi SD/MI se kecamatan Kepanjen. Maksud dan tujuan kegiatan ini, selain memperingati Sumpah Pemuda adalah sebagai ajang promosi pada kegiatan Penerimaan SIswa Baru untuk Tahun pelajaran mendatang.  Menurut Drs. Nadjib selaku Kepala Sekolah SMP Islam, kegiatan yang berhubungan langsung dengan siswa SD ini dianggap paling efektif dalam memperkenalkan siswa SD kepada SMP Islam Kepanjen. Selain itu juga sebagai ajang adu pengalaman siswa dalam suatu kejuaraan dengan ditonton oleh orang banyak. Karena tidak semua siswa SD berani jika berhadapan langsung dengan orang lain.
Kegiatan yang diketuai oleh Bpk. Tatok Upoyo ini terdiri dari 3 macam kegiatan lomba yaitu : Lomba Baca Puisi, Lomba Lukis dan Lomba Karaoke yang semuanya tingkat SD. Kegiatan ini sengaja dilaksanakan pada hari Minggu, 24 Oktober 2010 pukul. 08.00 sd. 12.00 WIB.

Kegiatan Lomba baca puisi, dari 36 peserta yang tampil, telah diperoleh juara-juaranya sebagai berikut :

1. Tiara Nira  ( SDN Kepanjen 03)
2. Emalia       ( SDN Kepanjen 03)
3. Indi  Nikmahturi (SDN Kepanjen 03)

Lho apa nggak salah? juaaranya kok hanya SDN Kepanjen 03? Ternyata memang betul., SDN Kepanjen 03 ini memang mengirimkan pesarta lebih dari 3 anak. Dengan persipan dan pembinaan yang baik, SDN Kepanjen 03 berhak memborong Juara I sd Juara III pada Lomba baca puisi tersebut. Kalaupun ada wakil sekolah lain yang mencurigai kongkalikong panitia dengan SDN Kepanjen 03  itu  adalah pemikiran yang tidak benar. Karena panitia sendiri tidak mungkin mereduksi  kepercayaan dari sekolah peserta.
tak akan terjadi.

Adapun lomba seni lukis yang dijuri/nilai oleh seniman seni lukis kota Kepanjen ( al; Didik Mojo, Imam Rosi dan Saiful )  memberikan nilai sesuai dengan kriteria yang ditetapkan oleh panitia. Peserta lomba lukis sebanyak 36 peserta, Dari hasil  lomba yang diumumkan, keluar sebagai pememenagnya adalah :

1.  Lavinka   ( SDN Kepanjen 03)
2.  Agustin Nanda ( MI Al-Iklas )
3 . Ifa Novianti ( SDN Kepanjen 03 )

Dengan raihan 5 juara di 2 kegiatan lomba, mau tidak mau memang memancing kecurigaan dari guru pembina SD yang lain. Seorang Guru wanita yang tak mau disebutkan namanya sempat melayangkan protes kepada panitia. Namun panitia menyarankan agar ibu guru itu menanyakan langsung kepada juri, karena panitia sudah berusaha obyektif unuk penilaian diserahkan kepada pihak luar dengan maksud biar obyektif. Dan ibu guru tersebut rupanya tidak mau mengerti. 

Di kegiatan yang berakhir belakangan adalah lomba karaoke. Dengan menampilkan sebuah lagu bebas, peserta yang berjumlah 35 dari 39 pendaftar ini berusaha menampilkan penampilan yang terbaik. Mereka memang tak perduli dengan suaranya apakah masuk apa tidak? Yang perlu diacungi jempol adalah keberanian siswa SD bernyanyi di depan umum. Inilah suatu pembelajaran langsung bagi peserta lomba. Karena itu bagi peserta yang belum meraih juara panitia mengungkapkan lewat MC pengumuman pemenang lomba karaoke yang diamanatkan kepa Tim dari Infokepanjen.com ini, agar mereka berbesar hati. Karena yang diambil cuma 3 pemenang, mau tidak mau 32 peserta yang tampil memang harus mengalah. Namun bukan berarti mereka harus patah semangat. Diharapkan setelah kegiatan ini bagi peserta yang belum menang, bisa meningkat dan meraih juara di lomba sejenis di tempat lain.

Pemenang lomba karaoke dalam kegiatan ini adalah :
1. Deamira ( SDN Kepanjen 02)
2. Kirenina (SDN Ardirejo o1)
3. Stella Sadrina (MI.Al-Iklas Sengguruh)

Salut buat SMP Islam Kepanjen dan SMK Islam Kepanjen, yang telah mengadakan lomba sebagai wadah pembinaan dan unjuk kebolehan seluruh peserta. Diharapkan SMP Islam dan SMK Islam yang bernaung satu Yayasan dengan SMA Islam Kepanjen, SDNU Kepanjen dan MI-Imami Kepanjen ini menjadikan lomba ini sebagai agenda tahunan. Sehingga SD/MI peserta bisa lebih meningkatkan diri dalam menyongsong lomba sejenis di masa mendatang. 

Oh ya, katanya panitia kegiatan ini masih ada hubungannya dengan kegiatan Festival Band khusus pelajar SMP dan SMA yang akan dilaksanakan pada Hari Sabtu, tanggal 30 Oktober 2010 mendatang. Semoga kegiatan tersebut bisa lancar dan sukses ( admin )

Hasil peliputan lain bisa dilihat di www.infokepanjen.com silahkan diklik

0 komentar: